Senin, 28 Desember 2009

Taun Baru??? Di rumah ajah..

Posted by Uswah on Senin, Desember 28, 2009 with 3 comments
Kurang beberapa hari lagi taun baru masehi,, aduh cepet banged seh waktu berjalan, perasaan baru beberapa hari yang lalu januari 2009, eh sekarang uda berada di penghujung taon, gak banyak yang berubah dariku, muka tetep manis, masih suka senyam-senyum sendiri, masih suka nongkrong di warung kopi, masih demen ngerjain temen, yach pokoknya masih seperti yang dulu banged lah, mana sekarang jarang ngumpul ma temen-temen lagi, pada sibug skripsi semua, skripsiku? masih mangkrak, hehehe.. yang baca blog ini wajib ngedoain skripsiku biar cepet kelar otre?? kayaknya taun baru ini juga tetep kelabu seperti taun baru yang kemaren-kemaren?? kembang api, jalan-jalan, have fun?? gak ada dalam planning, eh bentar, penting gak seh ngerayain taun baru? nah, aku barusan googling neh tentang sejarah perayaan taun baru masehi, sape tau manfaat


Gini nih, tahun baru masehi itu sebenarnya berhubungan dengan keyakinan agama Nasrani, lho?? Masehi kan nama lain dari Isa Almasih dalam keyakinan Nasrani. Sejarahnya gini, menurut catatan di Encarta Reference Library Premium 2005 (waduh buku apa lagi nih?), orang pertama yang membuat penanggalan kalender adalah seorang kaisar Romawi yang terkenal bernama Gaisus Julius Caesar. Itu dibuat pada tahun 45 SM jika mengunakan standar tahun yang dihitung mundur dari kelahiran Yesus Kristus.
Tapi pada perkembangannya, ada seorang pendeta Nasrani yang bernama Dionisius yang kemudian memanfaatkan penemuan kalender dari Julius Caesar ini untuk diadopsi sebagai penanggalan yang didasarkan pada tahun kelahiran Yesus Kristus. Itu sebabnya, penanggalan tahun setelah kelahiran Yesus Kristus diberi tanda AD (bahasa Latin: Anno Domini yang berarti: in the year of our lord) alias Masehi. Sementara untuk jaman prasejarahnya disematkan BC (Before Christ) alias SM (Sebelum Masehi)
**rehat bentar, ada yang pernah liat film 10.000 BC? keren khan filmnya? B-) **
Lanjut,, nah, Pope (Paus) Gregory III kemudian memoles kalender yang sebelumnya dengan beberapa modifikasi dan kemudian mengukuhkannya sebagai sistem penanggalan yang harus digunakan oleh seluruh bangsa Eropa, bahkan kini di seluruh negara di dunia dan berlaku umum bagi siapa saja. Kalender Gregorian yang kita kenal sebagai kalender masehi dibuat berdasarkan kelahiran Yesus Kristus dalam keyakinan Nasrani. “The Gregorian calendar is also called the Christian calendar because it uses the birth of Jesus Christ as a starting date.”, demikian keterangan dalam Encarta.
Di jaman Romawi, pesta tahun baru adalah untuk menghormati Dewa Janus (Dewa yang digambarkan bermuka dua-ini bukan munafik maksudnya, tapi merupakan Dewa pintu dan semua permulaan. Jadi mukanya dua: depan dan belakan, depan bisa belakang bisa, kali ye?). Kemudian perayaan ini terus dilestarikan dan menyebar ke Eropa (abad permulaan Masehi). Seiring muncul dan berkembangnya agama Nasrani, akhirnya perayaan ini diwajibkan oleh para pemimpin gereja sebagai satu perayaan “suci” sepaket dengan Natal. Itulah sebabnya mengapa kalo ucapan Natal dan Tahun baru dijadikan satu: Merry Christmas and Happy New Year, gitu lho

Uda pada tau semua khan?? so, gimana donk kalo ada umat islam yang ngerayain taun baru masehi?? bukannya kita dilarang menyerupai kaum nasrani karna akan termasuk dalam kaum mereka?? haram donk?

Waduuuh kalo menurutku sih enggak ya, kalo masih ada yang mengharamkan perlu dipertanyakan lagi, bukannya kita juga pake kalender masehi? kembali pada kaedah "innamal a'malu binniyat" aja lah. kita gak diharamkan untuk merayakan taun baru masehi selama kita merayakannya dengan wajar-wajar saja, wajarnya kayak gimana dong? yang enggak hura-hura, enggak ngelakuin yang enggak-enggak (paham khan maksutnye?? hehehe), lebih baik kumpul-kumpul ma temen-temen (tapi kalo aku lebih baik di rumah aja bersama keluarga, baiti jannati gitu loh.. hohoho) dengan hidangan ala kadarnya sambil muhasabah selama setahun terakhir ini, dan yang pasti ada niatan tuk berubah menjadi yang lebih baik dalam segala hal yang baik di tahun ke depan.

Bukankah orang yang paling buruk adalah orang yang hari ini lebih buruk daripada hari kemarin, orang yang merugi adalah orang yang hari ini sama dengan hari kemarin dan orang yang paling beruntung adalah orang yang hari ini lebih baik dari hari kemarin?? oia, ada peringatan keras buat umat muslim sedunia

"Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasihat menasihati supaya mentaati kebenaran dan nasihat menasihati supaya menetapi kesabaran" (al-ashr?1-3)

waaaah, cambukan buatku neh, ayo semangat-semangat
-->!! bikin hidup loe lebih hidup, met tahun baru 2010 yach.. kullu 'amin wa antum bi khoirin..

3 komentar

gak banyak yang berubah dariku, muka tetep manis, masih suka senyam-senyum sendiri?????
?????
ReplyDelete
mesti protes
ReplyDelete
karena,, aq selalu,,,, titik titik...
ReplyDelete

Posting Komentar

Budayakan berkomentar  ヽ(^。^)ノ

Cancel Reply