TASMIAH, arti sebuah nama

Main Posts Background Image

Main Posts Background Image

Minggu, 28 April 2013

TASMIAH, arti sebuah nama

Hai hai hai :h: Salam ngopi bagi pecinta kopi dan blogger semuanyaaah... woro-woro nih kalo kemaren si kecil abis di aqiqoh i looh tepat di usianya 2 minggu.. Serangkaian acara seperti biasa, yaitu solawatan, mauidloh hasanah, pencukuran rambut, tasmiah, doa dan makan makaaaan.. Tasmiah adalah peresmian nama anak.. Dulu pas hamil sudah mikir jauh-jauh sih nama yang bagus buat calon baby, apa lagi pas USG tau kelamin baby cowok, jadi  sudah siap-siap nama:
ADIB MUHAMMAD DZULQURNAIN
ADIB = Orang yang beradab/berakhlak
MUHAMMAD = Terpuji
DZULQURNAIN = Memiliki 2 tanduk yang maksudnya adalah Raja yang menguasai dunia bagian Timur dan Barat

Sebenarnya nama ini adalah nama pemberian dari guruku, tapi sejak dulu aku selalu mengagumi sosok DzulQurnain.. Siapa dia? Dzulqurnain adalah nama seorang Raja masa peradaban Islam yang disebut-sebut dalam Al-Qur'an mampu menguasai dunia bagian Timur dan Barat, seorang Raja yang mampu menaklukkan Ya'juj dan Ma'juj, versi baratnya Dzulqurnain disegani dengan sebutan Alexander the Great (Iskandar Dzulqurnain), Dzulqurnain berada dalam kandungan ibunya selama 2 tahun, wiiih lumayan lama yak :n: orang dulu emang gitu betah banget di kandungan ibunya, contoh lain: Imam Syafii berada dalam kandungan ibunya selama 4 tahun :b: nah.. Selama dalam kandungan, ayah Dzulqurnain ini melakukan tirakatan agar putranya nanti menjadi Raja yang tangguh, hingga saat usia kandungan ibu Dzulqurnain mencapai 9 bulan, Dzulqurnain siap untuk dilahirkan, namun karena ayahnya merasa tirakatnya belum cukup untuk mendoakan sang jabang bayi, maka bayi kecil Dzulqurnain yang akan keluar dr rahim istrinya ditendang hingga kembalilah Dzulqurnain ke rahim ibunya :d: Dan ketika sampai usia kehamilan 2 tahun Dzulqurnain dilahirkan dengan memiliki 2 benjolan bekas tendangan ayahnya, versi lain mengatakan makna dari Dzulqurnain adalah yang memiliki 2 benjolan, apapun tafsirnya, intinya: unik yaa kisah raja besar nan tangguh ini :c:

Dan seperti halnya harapan orang tua kepada anaknya, akupun menginginkan anakku nanti menjadi orang yang beriman, taat pada Tuhan dan RosulNya, juga menjadi orang hebat layaknya Dzulqurnain, jika Dzulqurnain adalah raja penguasa Timur dan Barat, maka aku berharap putraku nanti akan menguasai ILMU dari Timur dan Barat.. Amiiin... :j:

Kembali ke acara Aqiqoh, acara dimulai dari pukul 13,00 siang sampe pukul 15.30 sore, di masjid Al-Azhar, Al-Azhar Islamic Education Center, tamu undangan sejumlah 250.. acara berlangsung sederhana namun khidmat, diiringi sholawat Nabi, putraku dicukur rambutnya yang masih tipis, 2 shaun the sheep telah dimutilasi, dimasak sate dan gulai dan siap disajikan, Alhamdulillah.. semoga dede' Adib yang tadinya masih tergadai berhasil ditebus dengan qurban aqiqohnya, kelak menjadi anak yang berbakti pada Allah dan RasulNya.. Amiiin..

*sekian dulu, Adib minta diganti popoknya :l:

Adib digendong bapaknya ^_^ setelah dicukur rambutnya dibacakan sholawat


115 komentar

  1. Balasan
    1. numpang mejeng, demi antrian daging aqiqohnya.

      Hapus
    2. hahaa.mm tinggal kulitnya bang.. masih dikeringin.. mayan buat kaligrafi :D

      Hapus
    3. numpang gigi saya ya mbak

      Hapus
    4. sudah pake close up kan? :D

      Hapus
    5. masih original dari bangun tidur e mbak, masih boleh ?

      Hapus
    6. semoga tetap menjadi anak yang berbakti pada ayah bunda.. doain ku juga cepat dapat momongan ya :)

      Hapus
    7. amiiiiin... mksh bang pas.. iyya smg bang pas cpet pny momongan.. amiiin :)

      Hapus
    8. saya juga turut mendoakan mas pasnem, semoga diberi keturunan segera

      Hapus
    9. Ikut mengamini... Amiiin..

      Hapus
    10. he'em... saya kebagian berkat nggak nih?

      Hapus
    11. xixixi,,, si kembarrr :p

      Hapus
    12. buat kembaranku tak doakan juga cepet diparingi momongan,amiiin

      Hapus
    13. hahaa... sumpah ini ngakak liatin poto duo agus :D

      Amiiiiin :))

      Hapus
    14. amin amin mas agus s, *sudah kebelet

      Hapus
    15. masak komen aja kebelet mas ?

      Hapus
  2. adib ngga keliatan...
    mana barisan depan diisi emaknya sendiri :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe.. iya jiah.. soalnya belom ijin sama bapaknya adib buat publis potonya.. jd pake poto yg hidden dulu ;D

      Hapus
  3. semoga nama yang di berikan dapat menjadikan si buah hati menjadi anak yang baik .

    BalasHapus
  4. namanya keyen Banget....... wes lah pokok'e sangar. Mudah2an Allah menjadikan si kecil anak yg sholeh dan mempunyai akhlak mulia agar kelak bisa mewujudkan cita2 orang tuanya.

    ** Sholawatan itu BID NGAH loh....wkwkwkwk (Katanya)

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiiin ya rabb.. terim kasih mbak indah atas doanya buat si kecil ^_^

      hahaa... dengan bangga ku katakan bahwa aku adalah ahlul bidngah wal kuropat.. cqiqiqiqiqi

      Hapus
    2. blogging juga bid ngah gak ?

      Hapus
    3. bidngah hasanah.. wkwk :D

      Hapus
    4. Lah iya mbak/mas....orang bilang tawassul,tiba'an,sholawatan bid ngah karena tidak pernah dilakukan nabi. tapi herannya orang itu malah suka FB an sama Nge tweet.... lah ini kan malah ndak ada jaman nabi. wkwkwk
      Orang Step sing ngomong bidngah ...hahahah

      Hapus
    5. halaaah... muka mereka kan juga muka muka bidngah semua jaman nabi ga ada muka2 kayak bgituan... haghaghag..

      Hapus
    6. bid ngah itu bid'ah ya mbak2 sekalian??

      Hapus
    7. betul sekali mas fian.. hahaa..

      Hapus
    8. apalagi jaman nabi tidak ada bahasa indonesiah dan bahasa jawa bahasa sunda bahasa melayu, bid ngah by nature juga ?
      orang stres kok diajak dagelan, haahaa

      Hapus
    9. seandainya nabi lahir di tanah jawa, mungkin beliau memakai blangkon, bukan sorban..

      Hapus
    10. ups..saya tidak mau berfantasi takut dosa

      Hapus
    11. tak jamin ngga dosa ko ;))

      Hapus
  5. wah turut senang mbak,namya bagus banget.saya ko nggak di bagi satenya.padahal enak kayaknya,selamat ya mbak..mudah-mudahan anaknya jadi anak ya soleh berbakti bagi orang tua dan nusa bangsa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih bang zig... satenya makNyus banget dah.. masakan umiku gt loh.. tp sayang uda abis ;D

      amiiin ya rabbal alamiiin ;)

      Hapus
  6. kasian juga bayi Dzulqurnain pas mau keluar malah ditendang suruh masuk perut lg..xixixi

    selamat ya mbak atas aqiqohnya semoga menjadi penambah sempurnanya kelahiran dedek adib. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bang.. bapaknya tega yaa,, tp demi kesuksesan putranya juga sih.. xixix

      terima kasih bang ;)

      Hapus
  7. Bagus banget namanya, semoga sesuai dengan nama indahnya...

    Nama adalah doa kan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih bang.. iyya bener banget.. nama ini adalah harapanku buat anakku :)

      Hapus
  8. Selamat atas aqiqohnya. Semoga menjadi anak yang soleh sesuai dengan namanya.

    BalasHapus
  9. barakallahulakum untuk kelahiran putranya, smoga namanya mnjadi doa yg makbul untuk sikecil..nama yg bagus

    BalasHapus
  10. Wah mbak namanya bagus, seperti kata orang, nama adalah doa, semoga bisa menjadi berkah :)

    BalasHapus
  11. namanya bagus karena saya tau artinya, hehe
    oo sejarah nama dzurqornain itu seperti gambaran cerita diatas ya mbak, tak kira maarga disalah satu suku yang memang turun temurun dari sukunya.
    sippp deh alhamdulillah acara lancar jaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas.. dulu guruku menceritakan sepertu itu.. :) hahaa pake marga2 segala kaya jaman dinasti aja :D iyya lancar acaranya.. kalo tau alamatnya mas agus pasti tak undang, tp di kabupaten yaa posisinya...

      Hapus
    2. nah ini jadi pengetahuan bagi ku mbak, hehe
      iya di kabupaten jauh lho mbak, hihihihi

      Hapus
    3. tapi kalo naek ulung perjalanan cuma seperempat menit kali yaa.. ntar dek adib bisa maen sama nyunyu.. xixixi

      Hapus
    4. pasti lucu celoteh mereka, iya 15 menit sudah nyampai kalau pagi hari, kalau siang 20 menit

      Hapus
    5. Kalo lewat jombang pasti bisa sampe 1 jam-an..

      Hapus
    6. apalagi liwat mojosari tembus krian terus balongbendo malah 1,5 jam, hehe

      Hapus
    7. trus ke pacet dulu ngopi2 bisa seharian.. wkwk ;D

      Hapus
    8. bisa2 pulang dini hari karena memanen duren di kebun, haha

      Hapus
    9. berati dari dlanggu ke wates jarak tempuh total 2 hari 1 malam.. xixixii

      Hapus
    10. rekor perjalanan turing saya itu mbak

      Hapus
  12. selamat ya :-) semoga kelak menjadi anak yg berakti, soleh dan menjadi anak yg pandai sukses aamiin.
    Salam kenal ya...
    di tunggu kunjungan baliknya + komentarnya juga hehehe

    http://uliearieph.blogspot.com/2013/04/spesial-kebaikan-dari-marina-uv-white.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. trrima kasih kunjungannya mbak, amiiin...

      segera ke TKp, tp abis ganti popoknya si adib dl ya :-)

      Hapus
    2. adib jangan suka ngompol ya, :)

      Hapus
    3. nda papa om, sehat loh..

      Hapus
    4. jangan ngompol di kasur ya tapi ngompolah di gendongan bapak nya

      Hapus
    5. sudah berkali kali xD

      Hapus
    6. alhamdulillah saya jarang, hehe

      Hapus
    7. jarang gendong kali yaa...

      Hapus
  13. wah keren namanya...saya juga pengen siap2 nyiapin nama nih, mudah2an bln ini dikasih rizkinya...amin.
    kunjungan perdana ni mbak...salam kenal ya...

    BalasHapus
  14. alhamdulillah.. semoga aku bisa menyusul.. :)

    BalasHapus
  15. udah tasmiaahan aja, aaa... ponakanku baru lahir kemaren malem hhehe belum waktunya acara tasmiaahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanti kalo sudah seminggu pak sekalian aqiqoh hehee... si adib tasmiyahnyan uda sebelom lahir xixixi..

      Hapus
  16. namanya bagus bngt mba,,
    alhamdulilah mba uswah sekarang jadi wanita yang beruntung karena udah dikasih kepercayaan sama Allah,,

    moga anaknya jadi kebanggaan dunia akhirat ya mba .
    amin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti beruntung krn seorg ibu dimuliakan ^_^

      Terrima kasih mbak, amiiiiin :)

      Hapus
    2. itulah sisi mulianya wanita

      Hapus
    3. suami derajatnya lebih tinggi daripada istri, tapi seorang ibu derajatnya 3x lebih tinggi drpd bapak

      Hapus
    4. lumayan menuntut ilmu lagi di blog ini,

      Hapus
  17. Namanya keren Mbak.. fotonya kurang banyak tuh.. Up Load semua biar bagus ^^

    BalasHapus
  18. Hish... Jgn2 anak lo ditendang ama bapaknya juga ea? Ups, ganas bgt! But, congrats ya Us! Lama gak sowan di marih, ternyata elo udah manak, eh, melahirkan!

    Dan smoga Adib Muhammad Dzulqarnain jadi anak yg soleh! Aamiin... :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asem lu sak.. Emang mamalia, Hahaah... Iyye kemane aja nih sak, ngikutan mbolang sama om mangki ya..

      Tak aminkan saaak pake semangat 45.. Amiiiiiiin o:)

      Hapus
  19. Bagus sekali nama anaknya Mbak Uswah, semoga sesuai dengan namanya. Karena nama anak adalah harapan dan doa. Salam.

    BalasHapus
  20. mudah2an menjadi anak yg sholeh .... manut sama ibune

    BalasHapus
  21. ooh ini kalau ga salah saya bacanya di blog khusus adib :)
    namanya keren, semoga terkabul doanya y mbak, menguasai ilmu timur dan barat..ciee..
    ajari adib bikin blog y mbak :D

    BalasHapus
  22. Alhamdulillah akhirnya mamang sampai juga kesini.. meskipun telat,,, semoga dede' Adib yang tadinya masih tergadai berhasil ditebus dengan qurban aqiqohnya..... Amiin

    mbak tanduk hewan qurban aqiqohnya masih ada kan, mau mamang minta buat gagang pisau eheheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. uda diambil ama yang nyembeleh mang.. telat deh si mamang.. xixi..

      makasih mang doanya,, amiiin o:)

      Hapus
    2. waduh terlambat... yasudah ndak apa apa... nanti nunggu ada yg qurban aqiqohnya

      Hapus
    3. nunggu idul adha mang.. :D

      Hapus
  23. mbak....nih saya bawa kopi pahit

    BalasHapus
    Balasan
    1. langsung sruputtt...

      Hapus
    2. hehheeh belum di seduh langsung diseruput hihihi

      Hapus
    3. permen kopi namanya mang.. hahahaa..

      Hapus
  24. kalau Imron fhatoni kira kira artinya apa ya mbak,,? :) :)

    BalasHapus
  25. Namanya keren ,artinya juga kerennn

    BalasHapus
  26. nama yang bagus semoga benar-benar bisa sesuai dengan namanya, menjadi anak yang soleh, berbakti kepada kedua orangtua.aamiin

    BalasHapus

Budayakan berkomentar  ヽ(^。^)ノ

Error 404

The page you were looking for, could not be found. You may have typed the address incorrectly or you may have used an outdated link.

Go to Homepage