Minggu, 28 April 2013

TASMIAH, arti sebuah nama

Posted by Uswah on Minggu, April 28, 2013 with 114 comments
Hai hai hai :h: Salam ngopi bagi pecinta kopi dan blogger semuanyaaah... woro-woro nih kalo kemaren si kecil abis di aqiqoh i looh tepat di usianya 2 minggu.. Serangkaian acara seperti biasa, yaitu solawatan, mauidloh hasanah, pencukuran rambut, tasmiah, doa dan makan makaaaan.. Tasmiah adalah peresmian nama anak.. Dulu pas hamil sudah mikir jauh-jauh sih nama yang bagus buat calon baby, apa lagi pas USG tau kelamin baby cowok, jadi  sudah siap-siap nama:
ADIB MUHAMMAD DZULQURNAIN
ADIB = Orang yang beradab/berakhlak
MUHAMMAD = Terpuji
DZULQURNAIN = Memiliki 2 tanduk yang maksudnya adalah Raja yang menguasai dunia bagian Timur dan Barat

Sebenarnya nama ini adalah nama pemberian dari guruku, tapi sejak dulu aku selalu mengagumi sosok DzulQurnain.. Siapa dia? Dzulqurnain adalah nama seorang Raja masa peradaban Islam yang disebut-sebut dalam Al-Qur'an mampu menguasai dunia bagian Timur dan Barat, seorang Raja yang mampu menaklukkan Ya'juj dan Ma'juj, versi baratnya Dzulqurnain disegani dengan sebutan Alexander the Great (Iskandar Dzulqurnain), Dzulqurnain berada dalam kandungan ibunya selama 2 tahun, wiiih lumayan lama yak :n: orang dulu emang gitu betah banget di kandungan ibunya, contoh lain: Imam Syafii berada dalam kandungan ibunya selama 4 tahun :b: nah.. Selama dalam kandungan, ayah Dzulqurnain ini melakukan tirakatan agar putranya nanti menjadi Raja yang tangguh, hingga saat usia kandungan ibu Dzulqurnain mencapai 9 bulan, Dzulqurnain siap untuk dilahirkan, namun karena ayahnya merasa tirakatnya belum cukup untuk mendoakan sang jabang bayi, maka bayi kecil Dzulqurnain yang akan keluar dr rahim istrinya ditendang hingga kembalilah Dzulqurnain ke rahim ibunya :d: Dan ketika sampai usia kehamilan 2 tahun Dzulqurnain dilahirkan dengan memiliki 2 benjolan bekas tendangan ayahnya, versi lain mengatakan makna dari Dzulqurnain adalah yang memiliki 2 benjolan, apapun tafsirnya, intinya: unik yaa kisah raja besar nan tangguh ini :c:

Dan seperti halnya harapan orang tua kepada anaknya, akupun menginginkan anakku nanti menjadi orang yang beriman, taat pada Tuhan dan RosulNya, juga menjadi orang hebat layaknya Dzulqurnain, jika Dzulqurnain adalah raja penguasa Timur dan Barat, maka aku berharap putraku nanti akan menguasai ILMU dari Timur dan Barat.. Amiiin... :j:

Kembali ke acara Aqiqoh, acara dimulai dari pukul 13,00 siang sampe pukul 15.30 sore, di masjid Al-Azhar, Al-Azhar Islamic Education Center, tamu undangan sejumlah 250.. acara berlangsung sederhana namun khidmat, diiringi sholawat Nabi, putraku dicukur rambutnya yang masih tipis, 2 shaun the sheep telah dimutilasi, dimasak sate dan gulai dan siap disajikan, Alhamdulillah.. semoga dede' Adib yang tadinya masih tergadai berhasil ditebus dengan qurban aqiqohnya, kelak menjadi anak yang berbakti pada Allah dan RasulNya.. Amiiin..

*sekian dulu, Adib minta diganti popoknya :l:

Adib digendong bapaknya ^_^ setelah dicukur rambutnya dibacakan sholawat


114 komentar

Uswah mengatakan... 28 April 2013 11.54
PertamaX
huh ...
Delete
numpang mejeng, demi antrian daging aqiqohnya.
Delete
Uswah mengatakan... 29 April 2013 07.42
hahaa.mm tinggal kulitnya bang.. masih dikeringin.. mayan buat kaligrafi :D
Delete
numpang gigi saya ya mbak
Delete
Uswah mengatakan... 29 April 2013 10.39
sudah pake close up kan? :D
Delete
pasnem mengatakan... 30 April 2013 00.34
semoga tetap menjadi anak yang berbakti pada ayah bunda.. doain ku juga cepat dapat momongan ya :)
Delete
Uswah mengatakan... 30 April 2013 04.42
amiiiiin... mksh bang pas.. iyya smg bang pas cpet pny momongan.. amiiin :)
Delete
saya juga turut mendoakan mas pasnem, semoga diberi keturunan segera
Delete
Uswah mengatakan... 30 April 2013 12.57
Ikut mengamini... Amiiin..
Delete
he'em... saya kebagian berkat nggak nih?
Delete
Uswah mengatakan... 1 Mei 2013 07.25
xixixi,,, si kembarrr :p
Delete
buat kembaranku tak doakan juga cepet diparingi momongan,amiiin
Delete
Uswah mengatakan... 1 Mei 2013 10.05
hahaa... sumpah ini ngakak liatin poto duo agus :D

Amiiiiin :))
Delete
agus bg mengatakan... 1 Mei 2013 12.50
amin amin mas agus s, *sudah kebelet
Delete
masak komen aja kebelet mas ?
Delete
Uswah mengatakan... 1 Mei 2013 17.51
kebelet ngopi
Delete
ReplyDelete
adib ngga keliatan...
mana barisan depan diisi emaknya sendiri :D
Uswah mengatakan... 28 April 2013 12.39
hehehe.. iya jiah.. soalnya belom ijin sama bapaknya adib buat publis potonya.. jd pake poto yg hidden dulu ;D
Delete
ReplyDelete
semoga nama yang di berikan dapat menjadikan si buah hati menjadi anak yang baik .
Uswah mengatakan... 28 April 2013 17.50
amiiin... makasi mas yosep ^_^
Delete
ReplyDelete
namanya keyen Banget....... wes lah pokok'e sangar. Mudah2an Allah menjadikan si kecil anak yg sholeh dan mempunyai akhlak mulia agar kelak bisa mewujudkan cita2 orang tuanya.

** Sholawatan itu BID NGAH loh....wkwkwkwk (Katanya)
Uswah mengatakan... 28 April 2013 17.53
amiiin ya rabb.. terim kasih mbak indah atas doanya buat si kecil ^_^

hahaa... dengan bangga ku katakan bahwa aku adalah ahlul bidngah wal kuropat.. cqiqiqiqiqi
Delete
blogging juga bid ngah gak ?
Delete
Uswah mengatakan... 29 April 2013 12.39
bidngah hasanah.. wkwk :D
Delete
alhamdulillah toyyib
Delete
Lah iya mbak/mas....orang bilang tawassul,tiba'an,sholawatan bid ngah karena tidak pernah dilakukan nabi. tapi herannya orang itu malah suka FB an sama Nge tweet.... lah ini kan malah ndak ada jaman nabi. wkwkwk
Orang Step sing ngomong bidngah ...hahahah
Delete
Uswah mengatakan... 30 April 2013 19.10
halaaah... muka mereka kan juga muka muka bidngah semua jaman nabi ga ada muka2 kayak bgituan... haghaghag..
Delete
bid ngah itu bid'ah ya mbak2 sekalian??
Delete
Uswah mengatakan... 1 Mei 2013 07.27
betul sekali mas fian.. hahaa..
Delete
apalagi jaman nabi tidak ada bahasa indonesiah dan bahasa jawa bahasa sunda bahasa melayu, bid ngah by nature juga ?
orang stres kok diajak dagelan, haahaa
Delete
Uswah mengatakan... 1 Mei 2013 10.06
seandainya nabi lahir di tanah jawa, mungkin beliau memakai blangkon, bukan sorban..
Delete
ups..saya tidak mau berfantasi takut dosa
Delete
Uswah mengatakan... 1 Mei 2013 17.52
tak jamin ngga dosa ko ;))
Delete
ReplyDelete
wah turut senang mbak,namya bagus banget.saya ko nggak di bagi satenya.padahal enak kayaknya,selamat ya mbak..mudah-mudahan anaknya jadi anak ya soleh berbakti bagi orang tua dan nusa bangsa.
Uswah mengatakan... 28 April 2013 17.54
makasih bang zig... satenya makNyus banget dah.. masakan umiku gt loh.. tp sayang uda abis ;D

amiiin ya rabbal alamiiin ;)
Delete
ReplyDelete
kasian juga bayi Dzulqurnain pas mau keluar malah ditendang suruh masuk perut lg..xixixi

selamat ya mbak atas aqiqohnya semoga menjadi penambah sempurnanya kelahiran dedek adib. :)
Uswah mengatakan... 28 April 2013 17.56
iya bang.. bapaknya tega yaa,, tp demi kesuksesan putranya juga sih.. xixix

terima kasih bang ;)
Delete
ReplyDelete
Bagus banget namanya, semoga sesuai dengan nama indahnya...

Nama adalah doa kan...
Uswah mengatakan... 28 April 2013 19.41
terima kasih bang.. iyya bener banget.. nama ini adalah harapanku buat anakku :)
Delete
ReplyDelete
Selamat atas aqiqohnya. Semoga menjadi anak yang soleh sesuai dengan namanya.
Uswah mengatakan... 29 April 2013 07.13
terima kasih bang... amiiiin ^_^
Delete
ReplyDelete
barakallahulakum untuk kelahiran putranya, smoga namanya mnjadi doa yg makbul untuk sikecil..nama yg bagus
Uswah mengatakan... 29 April 2013 07.13
jazakallah om.. amiiiin :)
Delete
ReplyDelete
Wah mbak namanya bagus, seperti kata orang, nama adalah doa, semoga bisa menjadi berkah :)
Uswah mengatakan... 29 April 2013 07.14
terima kasih mbak :) amiiin :)
Delete
ReplyDelete
namanya bagus karena saya tau artinya, hehe
oo sejarah nama dzurqornain itu seperti gambaran cerita diatas ya mbak, tak kira maarga disalah satu suku yang memang turun temurun dari sukunya.
sippp deh alhamdulillah acara lancar jaya
Uswah mengatakan... 29 April 2013 10.42
iya mas.. dulu guruku menceritakan sepertu itu.. :) hahaa pake marga2 segala kaya jaman dinasti aja :D iyya lancar acaranya.. kalo tau alamatnya mas agus pasti tak undang, tp di kabupaten yaa posisinya...
Delete
nah ini jadi pengetahuan bagi ku mbak, hehe
iya di kabupaten jauh lho mbak, hihihihi
Delete
Uswah mengatakan... 29 April 2013 12.41
tapi kalo naek ulung perjalanan cuma seperempat menit kali yaa.. ntar dek adib bisa maen sama nyunyu.. xixixi
Delete
pasti lucu celoteh mereka, iya 15 menit sudah nyampai kalau pagi hari, kalau siang 20 menit
Delete
Uswah mengatakan... 30 April 2013 12.59
Kalo lewat jombang pasti bisa sampe 1 jam-an..
Delete
apalagi liwat mojosari tembus krian terus balongbendo malah 1,5 jam, hehe
Delete
Uswah mengatakan... 30 April 2013 14.32
trus ke pacet dulu ngopi2 bisa seharian.. wkwk ;D
Delete
bisa2 pulang dini hari karena memanen duren di kebun, haha
Delete
Uswah mengatakan... 1 Mei 2013 10.07
berati dari dlanggu ke wates jarak tempuh total 2 hari 1 malam.. xixixii
Delete
rekor perjalanan turing saya itu mbak
Delete
Uswah mengatakan... 1 Mei 2013 17.55
masuk muri :p
Delete
ReplyDelete
selamat ya :-) semoga kelak menjadi anak yg berakti, soleh dan menjadi anak yg pandai sukses aamiin.
Salam kenal ya...
di tunggu kunjungan baliknya + komentarnya juga hehehe

http://uliearieph.blogspot.com/2013/04/spesial-kebaikan-dari-marina-uv-white.html
Uswah mengatakan... 29 April 2013 12.14
trrima kasih kunjungannya mbak, amiiin...

segera ke TKp, tp abis ganti popoknya si adib dl ya :-)
Delete
adib jangan suka ngompol ya, :)
Delete
Uswah mengatakan... 1 Mei 2013 07.27
nda papa om, sehat loh..
Delete
jangan ngompol di kasur ya tapi ngompolah di gendongan bapak nya
Delete
Uswah mengatakan... 1 Mei 2013 10.07
sudah berkali kali xD
Delete
alhamdulillah saya jarang, hehe
Delete
Uswah mengatakan... 1 Mei 2013 17.54
jarang gendong kali yaa...
Delete
ReplyDelete
wah keren namanya...saya juga pengen siap2 nyiapin nama nih, mudah2an bln ini dikasih rizkinya...amin.
kunjungan perdana ni mbak...salam kenal ya...
Uswah mengatakan... 29 April 2013 12.42
wah selamat ya om.. semoga persalinannya nanti lancarr.. salam kenal jugaaa..
Delete
semoga lancar sehat dan bahagia
Delete
Uswah mengatakan... 30 April 2013 13.01
Amiiin o:)
Delete
Amiin... salam kenal juga dari mamang hehhehe
Delete
Uswah mengatakan... 1 Mei 2013 10.10
tahu sumedang vs tahu gejrot
Delete
vs tahu buatan istri saya
Delete
Uswah mengatakan... 1 Mei 2013 17.53
cs kopi racikanku.. :D
Delete
Vs Bajigur
Delete
Uswah mengatakan... 3 Mei 2013 15.01
*ngiler*
Delete
ReplyDelete
agnes mengatakan... 29 April 2013 15.41
alhamdulillah.. semoga aku bisa menyusul.. :)
Uswah mengatakan... 29 April 2013 18.30
amiiiin :-)
Delete
ReplyDelete
udah tasmiaahan aja, aaa... ponakanku baru lahir kemaren malem hhehe belum waktunya acara tasmiaahan
Uswah mengatakan... 29 April 2013 23.11
nanti kalo sudah seminggu pak sekalian aqiqoh hehee... si adib tasmiyahnyan uda sebelom lahir xixixi..
Delete
ReplyDelete
namanya bagus bngt mba,,
alhamdulilah mba uswah sekarang jadi wanita yang beruntung karena udah dikasih kepercayaan sama Allah,,

moga anaknya jadi kebanggaan dunia akhirat ya mba .
amin :)
Uswah mengatakan... 30 April 2013 13.03
Pasti beruntung krn seorg ibu dimuliakan ^_^

Terrima kasih mbak, amiiiiin :)
Delete
itulah sisi mulianya wanita
Delete
Uswah mengatakan... 1 Mei 2013 10.11
suami derajatnya lebih tinggi daripada istri, tapi seorang ibu derajatnya 3x lebih tinggi drpd bapak
Delete
lumayan menuntut ilmu lagi di blog ini,
Delete
ReplyDelete
Namanya keren Mbak.. fotonya kurang banyak tuh.. Up Load semua biar bagus ^^
Uswah mengatakan... 30 April 2013 13.06
Pengennya gt, tp si adib nangis minta diganti popoknya =D
Delete
Haha.. alesan :D
Delete
Uswah mengatakan... 3 Mei 2013 15.00
wkwk tau ajah :D
Delete
ReplyDelete
eksak mengatakan... 30 April 2013 12.22
Hish... Jgn2 anak lo ditendang ama bapaknya juga ea? Ups, ganas bgt! But, congrats ya Us! Lama gak sowan di marih, ternyata elo udah manak, eh, melahirkan!

Dan smoga Adib Muhammad Dzulqarnain jadi anak yg soleh! Aamiin... :-)
Uswah mengatakan... 30 April 2013 13.05
Asem lu sak.. Emang mamalia, Hahaah... Iyye kemane aja nih sak, ngikutan mbolang sama om mangki ya..

Tak aminkan saaak pake semangat 45.. Amiiiiiiin o:)
Delete
ReplyDelete
Bagus sekali nama anaknya Mbak Uswah, semoga sesuai dengan namanya. Karena nama anak adalah harapan dan doa. Salam.
Uswah mengatakan... 30 April 2013 19.12
makasih om BNB, amiiiin... itu harapan kami :)
Delete
ReplyDelete
mudah2an menjadi anak yg sholeh .... manut sama ibune
Uswah mengatakan... 30 April 2013 19.13
amiiiin... makasiih mbak indah cantik ^_^
Delete
<==== mas fian tampan
Delete
Uswah mengatakan... 1 Mei 2013 07.29
rowahu emak fian.. kwkwkw..
Delete
ReplyDelete
ooh ini kalau ga salah saya bacanya di blog khusus adib :)
namanya keren, semoga terkabul doanya y mbak, menguasai ilmu timur dan barat..ciee..
ajari adib bikin blog y mbak :D
Uswah mengatakan... 1 Mei 2013 07.28
si adib ntar jd hacker :D
Delete
ReplyDelete
Alhamdulillah akhirnya mamang sampai juga kesini.. meskipun telat,,, semoga dede' Adib yang tadinya masih tergadai berhasil ditebus dengan qurban aqiqohnya..... Amiin

mbak tanduk hewan qurban aqiqohnya masih ada kan, mau mamang minta buat gagang pisau eheheheh
Uswah mengatakan... 1 Mei 2013 10.13
uda diambil ama yang nyembeleh mang.. telat deh si mamang.. xixi..

makasih mang doanya,, amiiin o:)
Delete
waduh terlambat... yasudah ndak apa apa... nanti nunggu ada yg qurban aqiqohnya
Delete
Uswah mengatakan... 3 Mei 2013 15.00
nunggu idul adha mang.. :D
Delete
ReplyDelete
Indah P mengatakan... 1 Mei 2013 15.57
mbak....nih saya bawa kopi pahit
Uswah mengatakan... 1 Mei 2013 17.52
langsung sruputtt...
Delete
hehheeh belum di seduh langsung diseruput hihihi
Delete
Uswah mengatakan... 3 Mei 2013 14.59
permen kopi namanya mang.. hahahaa..
Delete
ReplyDelete
kalau Imron fhatoni kira kira artinya apa ya mbak,,? :) :)
ReplyDelete
yayuk mengatakan... 5 Juli 2013 16.44
Namanya keren ,artinya juga kerennn
ReplyDelete
nama yang bagus semoga benar-benar bisa sesuai dengan namanya, menjadi anak yang soleh, berbakti kepada kedua orangtua.aamiin
ReplyDelete

Posting Komentar

Budayakan berkomentar  ヽ(^。^)ノ

Cancel Reply