Rabu, 19 Mei 2010

Romantis???

Posted by Uswah on Rabu, Mei 19, 2010 with No comments
Sebetulnya, apa sih definisi romantis itu? Untuk menjawabnya, kita perlu telusuri dulu sejarah romantisme, yakni sebuah gerakan di dunia seni yang berawal pada abad ke-19. Gerakan ini memfokuskan diri pada hal-hal yang berhubungan dengan emosi (perasaan) dan kebebasan berimajinasi. Di Eropa, gerakan ini dipelopori oleh sejumlah seniman, seperti William Blake, Lord Byron, Samuel Taylor Coleridge, John Keats, Percy Bysshe Shelley, dan William Wordsworth.

Intinya, romantisme adalah sebuah aliran seni yang menempatkan perasaan manusia sebagai unsur yang paling dominan. Dan karena cinta adalah bagian dari perasaan yang paling menarik, maka lambat laun istilah ini mengalami penyempitan makna. Sastra romantis pun diartikan sebagai genre sastra yang berisi kisah-kisah asmara yang indah dan penuh oleh kata-kata yang memabukkan perasaan.



Ciri paling umum pada setiap produk sastra romantis adalah ditempatkannya cinta (pada lawan jenis) sebagai kebenaran yang mutlak. Jika si A dan si B saling mencintai, maka kisah cinta mereka dianggap sebagai sesuatu yang suci dan abadi, tak terpisahkan oleh apapun. Di akhir cerita, keduanya akan menikah, atau miniman jadi pasangan pacaran yang bahagia. Atau kalaupun keduanya menikah dengan orang lain, keluarganya tidak akan bahagia.

Dari ciri di atas, dapat disimpulkan bahwa sastra romantis umumnya mampu melenakan dan memabukkan perasaan. Maka tak heran, demikian banyak pembaca yang menyukainya. Namun di sisi lain, sastra romantis sebenarnya berdampak “sangat tidak romantis”, sebab ia amat berpotensi untuk melakukan pembodohan terhadap para pembacanya. wah gak beres nih, masak kita2 para cewek yang suka sama keromantisan berarti suka dibodohi?? heheeee, well terserah deh!

oia, gambar untuk postingan ini aku pikir pas banged deh, mengingat tetralogi novel yang menceritakan percintaan sang vampire ini terkenal romantis abis bahasanya :D :D :D

0 komentar

Posting Komentar

Budayakan berkomentar  ヽ(^。^)ノ

Cancel Reply