Ning binti kyai titik-titik

Main Posts Background Image

Main Posts Background Image

Senin, 17 Oktober 2011

Ning binti kyai titik-titik

Untuk yang terhormat;
(Yang merasa) ning binti Kyai titik-titik...

Ning..
Apakah njenengan tau apa hakikat dari makna ning? Ya benar, itu adalah gelar kehormatan untuk seorang putri kyai di kawasan Jawa Timur dan Jawa Tengah...

Ning...
Sejak panjenengan baru lahir njenengan sudah dihormati layaknya seorang putri raja, njenengan dimuliakan dan diidolakan oleh banyak orang, terutama jika ning berparas cantik jelita..

Ning ibarat artis dikalangan para santri terutama santri putra, ning ibarat putri raja yang tak pernah salah, ning tidak boleh jatuh cinta sembarangan, paling tidak ning boleh menikah dengan yang sederajat, paling tidak dengan gus..

Ning,..
Ada yang salah pada diri njenengan, ingin jujur kusampaikan pada njenengan, romo kyai terlalu sibukkah dengan aktifitas kepesantrenan dan pengajian? Sehingga romo kyai lupa memberi pendidikan ekstra pada njenengan, sehingga njenengan gagal mendapatkan wawasan spiritual atau kepribadian?

Ah, ning.. Njenengan hidup dalam kondisi psikologis yang kurang sehat sepertinya..

Ning..
Perlukah aku menjelaskan pada njenengan bahwa dalam hidup ini tidak ada kasta, tapi menurut orang-orang njenengan berada dalam kasta yang tinggi, eh lalu njenengan jadi sombong, egois dan feodalistik, yakni merasa mulia, suka merendahkan orang lain, dan tidak mau menerima nasehat dan kritik dari siapapun? Ning... Justru sifat-sifat itu adalah kunci menuju kegagalan hidup..

Ning..
Perlukah aku menjelaskan pada njenengan bahwa anak kyai tidak berbeda dengan anak lain dimana kesuksesan dalam hidup ini sangat tergantung pada kerja keras (al-Jum'ah: 10), tingginya level pendidikan (al-Mujadalah: 11), luasnya wawasan keagamaan (at-Taubah: 122) dan keluhuran akhlak (al-Qolam: 4)?

Ning,,..
Tidak sedikit contoh nyata dimana seorang kyai terkenal ternyata anaknya hidup terhina dan menjadi sampah masyarakat.

Ning..
Kemuliaan dunia dan akhirat itu tidak berdasarkan pada keturunan, tapi murni pada hasil usaha masing-masing individu (an-Nahl: 39)

Ning..
Meskipun perempuan, njenengan adalah calon pemimpin. Karena itu, bersikaplah lebih lembut pada para santri dan pengurus pesantren..

Ning...
Ning maknanya adalah mbeNINGno ati, menjernihkan hati.. Untuk menjadi wanita yang baik, jangan seperti itu ning.. Aku kasihan padamu.. Eman cantikmu..

2 komentar

Budayakan berkomentar  ヽ(^。^)ノ

Error 404

The page you were looking for, could not be found. You may have typed the address incorrectly or you may have used an outdated link.

Go to Homepage