Asal-Usul bubur Asyura

Main Posts Background Image

Main Posts Background Image

Selasa, 06 Desember 2011

Asal-Usul bubur Asyura

Kopas reeeek....
Tentang, ASAL-USUL BUBUR ‘ASYURA MASYARAKAT MELAYU (tentang asal-usul perayaan asyura sudah ku posting di blog ini beberapa taun yang lalu :D)


Di masyarakat kita sering mendengar "banca'an bubur 'asyura", nah gimana itu ceritanya? Disebutkan dalam kitab:

1. Nihayatuz Zain (Syeikh Nawawi Banten ms 96)
2. Nuzhatul Majalis (Syeikh Abdul Rahman Al-Usfuri ms 172)
3. Jam’ul Fawaid ( Syeikh Daud al-Fatani ms 132)

Bahwa ketika bahtera Nabi Nuh berlabuh di Bukit Judi, baginda menyuruh kaumnya mengumpullkan barang makanan yang ada. Antara bahan yang dapat dikumpulkan ialah kacang baqila’/ kacang ful, kacang adas, ba’ruz , tepung , kacang hinthoh dan lain-lain. Semuanya ada tujuh jenis bijian lalu dimasak.

Dalam syair Imam Ibnu Hajar al-Asqalani pula dinyatakan:

“Pada Hari ‘Asyura ada 7 yang dimakan yaitu gandum (tepung), beras, kemudian kacang mash (kacang kuda), dan kacang adas (kacang dal). Dan kacang himmash (kacang putih), dan kacang lubia (sejenis kacang panjang) dan kacang ful.”

Sandaran sebegini tentunya tidak kukuh, namun tidaklah jadi kesalahan kepada siapa saja yang ingin memasak, menjamu atau memakan bubur yang dinamakan bubur ‘Asyura itu. Biasanya bubur ini disediakan secara beramai-ramai. Antara manfaat yang diperolehi ialah pahala bersilaturrahim, pahala bergotong-royong, pahala memberi orang makan, memberi gambaran perpaduan umat Islam kepada orang bukan Islam, sedangkan manfaat pribadi buatku adalah saatnya jadi seksi konsumen...

Nah, ini fakta yang menarik, gak ada hubungannya sama bubur, sejarawan menyatakan bahwa Kanjeng Nabi Muhammad menikah dengan Nyai Khodijah pd tanggal 10 Muharrom (asyuro), begitu pula Nabi yang terkenal dengan gantengnya (mungkin kalo sekarang seganteng cowokku yah? :p), Nabi Yusuf menikah dengan Nyai Zulaikha juga pada bulan tgl 10 Muharram... Emhhh, masak aku nunggu taun depan siiih.. Segera jodohin aku dong Gusti.. °•нєнєнє°• :p

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Budayakan berkomentar  ヽ(^。^)ノ

Error 404

The page you were looking for, could not be found. You may have typed the address incorrectly or you may have used an outdated link.

Go to Homepage