Meng(h)ajar

Main Posts Background Image

Main Posts Background Image

Jumat, 08 Februari 2013

Meng(h)ajar

Salam ngopi temans.. :)

Lagi pada apa semua nih? Kalo aku? Hemm baru saja mengajar di cuaca yang panasnya gak ketulungan :-t *ampun*, nerakanya bocor kali yak, meskipun uda masuk musim penghujan tetep aja HOT.. Nah, untuk ngademin diri, aku minum sebotol es teh juga ngadep laptop, nah dari mana tadi? oh iya mengajar, ngomong-ngomong masalah ngajar, profesi jadi guru sekarang tuh gak bisa diremehin sob, tau kenapa, sejak beberapa taun yang lalu guru gak lagi digaji sedikit, gajinya lumayan gede, sebenernya gak etis kalo guru dapet "gaji" tapi dari sononya emang disebut gaji :D

nih buka aib ya, gajiku sebagai guru di SMP Unggulan fantastis loh, 2,6 jeti perbulan, belom embel-embel pendapatan dari ini dan dari itu, ini sih menurutku banyak, soalnya selama sekolah ga dapet uang saku segitu banyak dari ortu, hehehehe :D #ampun pak e, nah berarti kehidupan guru sudah agak sejahtera dibanding dulunya, belom lagi ntar dapat GTT, sertifikasi, bos atau apalah, coba flashback, aku inget dulu pas SMA waktu itu pernah mergokin di meja TU jumlah gaji guru, yang namanya aku orangnya mau tau banget urusan orang, tak lirik deh draftlist jumlah gaji guruku di SMA, waw.. aku kayak mau nangis waktu ngeliatnya, bayangin aja guru-guruku yang mulia itu digaji sebatas 20.000-50.000 rupiah perbulan 8-} *ngelus dada*, padahal mereka terhitung orang yang sangat konsisten mengajar artinya ga pernah bolos ngajar kalo gak sesuatu yang darurat, semua itu ngefek pada outputnya, liat aja.. anak jaman dulu gak sendableg anak sekolah jaman sekarang, karena guru-guru jaman dulu mengajar dengan ikhlas (bayangin ibu muslimah di film laskar Pelangi), selain itu ada juga faktor yayasan pendidikan gak matre yang sedikit-sedikit bayar dan sedikit-sedikit sumbangan, dari keikhlasan itu berbuah SDM tingkat tinggi, contohnya: aku wkwkwkwkwk =D7 anak sekolah jaman sekarang miris, kalo gurunya kasih nasehat, buntutnya gurunya dijelek-jelekin lewat jejaring sosial, yang dibilangnya cerewet lah, ngebacot lah, degradasi moral banget X( bener gak? *yang setuju angkat kaki* murid yang kayak beginian memang perlu di(h)ajar, bukan di(h)ajar fisiknya, tapi akhlaknya perlu dimasukkan bengkel biar dipreteli..


gambar dari sini


Nah, lanjut -> gajiku selama menjadi guru aku tabung buat nerusin kuliah S2, dan di pertengahan kuliah aku melepaskan masa lajangku, aku dipersunting oleh seorang cowok yang kutemui di warung kopi :x keluargaku adalah keluarga pendidik semua, bapakku seorang guru, ibuku juga seorang guru, kakakku juga seorang guru, dan sepertinya dunia ke-GURU-an adalah wajib di keluargaku, meskipun awalnya aku gak ngeh sedikitpun untuk jadi seorang guru tapi KUTUKAN itu tidak pernah lepas dariku, aku dikutuk menjadi seorang guru, padahal kuliahku kuliah hukum, baik S1 ataupun jenjang selanjutnya, pas kecil cita-citaku pengen jadi Hakim, hahaaa.. hakim di hukum rimba apa hakim garis ya? Tau deh.. anyway, aku berfikir dengan menikah berarti kutukanku menjadi seorang guru akan segera lepas selepas masa lajangku :p aku hanya akan menjadi istri yang baik dan merawat anak-anak, dengan bahasa lain "bosan mengajar".. OMG, yang namanya kutukan tetep aja kutukan, ternyata suamiku juga keluarga pendidik 8-| *nabok jidad*, malah ayah mertua punya yayasan pendidikan, dan itupun aku taunya pas PDKT lebih jauh dengan suamiku, eng ing eng... endingnya mau ga mau aku harus mau terjun bebas lagi ke dunia pendidikan.. Terima kasih Tuhan (harus pandai bersyukur) :D

Bedanya, tentu saja aku gak mau digaji, justru aku lebih semangat lagi untuk mengajar demi membantu suamiku, begitulah cinta merubah segalanya :p *preeeeet*.. hahaaa, tapi memang itulah kenyataanya, justru di saat inilah tanggung jawabku merasa lebih berat, aku mencoba untuk tidak mengajar dengan orientasi gaji dengan jam mengajar tanpa libur, inilah saatnya aku mengabdikan ilmuku untuk murid-muridku, soal murid, murid-murid disini adalah murid-murid yang eksklusif juga kelas berat, murid-muridku adalah santriwati-santriwati dari golongan yatim yang rata-rata mereka tinggal disini dengan gratis seluruh biaya pendidikan dan living, sebagian lagi adalah anak-anak inklusi-autis, dan sebagian lagi adalah memberikan bimbingan mengaji al-Qur'an dan Fiqh Ibadah untuk guru-guru mata pelajaran umum yang belum cukup mampu menjalankan taklif-nya, dan aku bisa membayangkan bagaimana guru-guruku dulu mengabdikan ilmunya kepadaku, tempat yang tidak dekat, dan gaji yang cuma segitu, entah bagaimana mereka bertahan hidup, yang jelas aku akan meneruskan perjuangan guru-guruku dulu, belajar lebih ikhlas menerima kutukan :D

Sekian dulu temans ceritanya :-h mau nyiapin makan siang buat suami selepas jumatan 8-7

129 komentar

  1. wew, ini yang namanya guru gaul..

    BalasHapus
  2. hooo
    keluarga guru...
    sensasinya ngajar anak istimewa gimana yah mba'?? hihi

    BalasHapus
  3. guru itu profesi yang mulia, semoga niatnya semulia profesinya, saat ini guru lebih diperhatikan oleh pemerintah dengan memberikan gaji yang tidak sedikit...dan semoga bisa menjaga keikhlasannya dan lebih semangat nagajar yah...:}

    BalasHapus
  4. ini namanya kutukan yang membawa berkah, baik untuk anak didik dan juga untuk diri sendiri..salam sukses selalu..semoga selalu menjadi guru yang baik dan tak pernah bosan meng(h)ajar siswanya dengan kebaikan....salam :)

    BalasHapus
  5. Mengajarkan menjadi kunci utama buat pondasi dari orang kita yang ajarkan biasanya.

    BalasHapus
  6. Postingan ini sangat bagus sekali,bisa menjadi bahan untuk ditiru, memang segala sesuatu itu harus ikhlas.
    sangat menarik dan bermanfaat sekali sobat
    terima kasih sudah berbagi

    BalasHapus
  7. Postingan yang sangat bagus, banyak hal yang bisa menjadi keteladanan utk kita ambil manfaatnya sobat
    terima kasih sudah berbagi

    BalasHapus
  8. mbak uswah gajinya lumayan ya, bandingkan dengan istriku yang sekedar honda + januari februari maret kosong, april baru di gaji sekaligus waduuuuhhh.... ckckckck.... sabar sabar....

    BalasHapus
  9. hallo mbak uswah, aku punya info baru nih.
    Ada bisnis online yang mudah di jalankan.
    Klik=>
    http://www.keajaibanwebsite.com/idjas

    Jangan lupa di liat. Mungkin berguna yg skrang lgi ingin DAPAT UANG DARI INTERNET.

    Setelah ke buka, HARAP DI BACA SEMUA dari ujung website paling atas sampai websitenya paling bawah.
    PAHAMI

    BalasHapus
  10. @Ocha Rhoshandha hahaa.. iya cha, saatnya memberantas guru jadul #lho :D

    BalasHapus
  11. @jiah al jafara sensasinya nano-nano jiah, ruar binasa cetar membahana badai :D

    BalasHapus
  12. @Muro'i El-Barezy bener itu bang, aku bangga menjadi guru :D

    BalasHapus
  13. @BlogS of Hariyanto hiyahahahaa... kutukannya dibahas, iyah kutukan untuk selamanya yang barokah :)

    BalasHapus
  14. @penyuluh perikanan sama2 bang, kita bisa saling menghajar lele :p

    BalasHapus
  15. @agus bg waduh perlu didemo ituh kang, gaswat itu kalo haknya gak diberikan

    BalasHapus
  16. @Labbay Modjo Lelo Idjas wew, boleh nih.. ngomong2 berapa nih hasilnya? :p

    BalasHapus
  17. Haah thanks for coming to my platform so I can find this, lots of nice words, go on girls ! :D

    BalasHapus
  18. @Izzah Anne Abdullah ur welcome izzah ^^ mampir lagi yaaaah ^^

    BalasHapus
  19. menyimak mba,rame juga artikelnya.memang guru sekarang lagi dituntut banyak sama juragannya terutama sekarang lagi digalakan setandar nasional yang 9 kalau ga salah apa 8 ya.ya pokkoknya itu deh.oh ya kunjungan pertama mba silahkan kunjungi lagi ya blog saya.

    BalasHapus
  20. @zigzoor blog sekarang pak nuh lagi pusing nggodog kurikulum,,standarnya malah katanya mau didelet ga pake KKm KKM-an, tau deh ntar jadinya kaya gimana, makasi juga ya mba kunjungannya, iya nih rame kayak warung kopi hehe

    BalasHapus
  21. betul mbak,jadi guru sekarang memang penghasilannya lumayan

    BalasHapus
  22. @penulis naskah hehe.. jangan ragu menjadi guru :D

    BalasHapus
  23. suka kopi juga ya hehe salam kenal aja dari penggemar kopi :D

    BalasHapus
  24. wah mbak ini ibu guru ya hehehehe. salam kenal ya mbak dari blogger pemula..

    BalasHapus
  25. wah..gaji 2,6 jeti bisa buat beli kopi 1 becak ya mbak bisa buat persediaan sebulan. Hahaha

    BalasHapus
  26. bu guru, ladang kebaikanmu pasti sangat luas, bahagialah ketika memanen dikemudian hari.. mantab

    BalasHapus
  27. Wah guru yang baik dan istri yang soleh... Salam sehat selalu yah

    BalasHapus
  28. @herlan hwaaa.. diamini aja seribu kali.. amiiin1000x :D

    BalasHapus
  29. @babol only wkwkwk... bener banget,, itu ajah kadang wali murid suka bawain kopi, lumayan lumayan lumayyaaaan :D

    BalasHapus
  30. @waroeng coffee waaaah senangnya bisa cangkruk di warung maya :)

    BalasHapus
  31. @Masnady begitulah.. :) salam kenal kembali dr blogger lawas tp yg tetep katrok :D

    BalasHapus
  32. Baik sekali bak, artinya bak Uswah mengajar untuk beribadah yaitu membantu suami menafkahi keluarga. Salam kenal..

    BalasHapus
  33. Alhamdulillah guru SMP unggulan

    amal mengalir kalo ilmunya terus bermanfaat :)

    BalasHapus
  34. @Basyarah waduh,, aku malah digaji suamiku om :D

    BalasHapus
  35. 1. cb sampeyan lihat2 disini ttg emoticon : http://www.tipstrikblogging.com/2013/02/memasang-emoticons-smiley-pada-komentar-blogger.html

    2. Followernya kok ndak muncul yah? kyk template saya yg pertama. tp saya coba2 terus, mudah2an bisa.
    3. mksh

    BalasHapus
  36. @Indah P uda keliatan cinnnn gadget followernya, ternyata itu ulah kode html utk postingan disertai emoticon yg tak pasang di temaku,, ini tema baru kemaren diutak atik,, hehehe

    kira2 kalo dipasang kode gituan lagi followernya ilang lagi ga yak? -__-a

    BalasHapus
  37. Aku juga guru kak,,
    Guru unyu..
    #Plak..
    hahahhaa

    BalasHapus
  38. kunjungan perdana :) sambil baca2
    visit n koment back y dblogq :)

    skalian follow blogq y nanti ak folback :)

    BalasHapus
  39. komenku kemana ya..
    tadi saya komen disini, ko' ilang...hohoho

    pasti diambil tuyul..

    *pulang sambil mewek

    BalasHapus
  40. tapi di gaji (apalagi banyak) juga gag mengapa bukan.. :) tokh memang sudah ada manajement nya :)

    BalasHapus
  41. Udah follow cinnn ..... btw mana emoticonnya nih? kok masih blm terpasang?

    BalasHapus
  42. asyik ya mba jadi guru,, tp ad rada susahnya juga klo ngajar kelas 1 SD krena psti kelas rame banget,, hehehe

    BalasHapus
  43. Selamat malam yah,
    jika membaca postingannya,
    mau dipersunting yah.. :D
    selamat yah.. ^_^

    BalasHapus
  44. maaf..keluhannya soal hot dan nerakanya bocor..nyeremin banget yah...hi

    BalasHapus
  45. baru pertama mampir nih mba .. :D salam kenal ...

    BalasHapus
  46. @Hana Ester owh hana pantesnya guru bidang perunyuan emang, muridnya chibi chibi chibi :D

    BalasHapus
  47. @Kstiawan komennya dicolong tuyul haha :D ni uda dimoderasi ko :D

    BalasHapus
  48. @Belajar Photoshop betul itu.. malah seneng banget :p

    BalasHapus
  49. @Indah P belom dicoba... takutnya ntar gadget yang laen pada raib cyyiinn -___-a

    BalasHapus
  50. @astronesia betulll.. bandelnya minta ampun.. ada yang loncat2 cendela juga hahaa :D

    BalasHapus
  51. @lukman hakim belom kelar bacanya -______-a uda mau beranak ni -____-a

    BalasHapus
  52. @Nazar Dark selamat datang.. tamu baru yah.. *nyiapin kopi*

    BalasHapus
  53. kunjungan siang mbk..,
    di tunggu kunjungan.a d gubukku.., smga smakin sukses

    BalasHapus
  54. @agung sutrisno selamat datang di gubuk mayaku (o) selamat menikmati seduhan kopiku (c)

    BalasHapus
  55. Waahhhh..lucu nya..udah pakai emo. asli makin betah nih koment2 disini meski ndak baca artikelnya. =))

    BalasHapus
  56. kayanya lagi ngajar nih, mampir lagi ah 8-)

    BalasHapus
  57. @Indah P heheh, berhasil berhasil berhasil horeee :-) #jingkrak jingkrak guling guling salto salto :D

    BalasHapus
  58. balik lagi cuma mau bilang kalau blognya sudah saya folllow..hehehe

    *saya tunggu polbeknya sambil ngopi..

    BalasHapus
  59. mampir lagi nii menjelang malam sambil bawa wedang hangat :p

    BalasHapus
  60. Selamat malam sobat..
    berkunjung dimalam hari sambil minum kopi..
    nikmat sambil membaca postingan ini..
    salam super dari saya sobat :D

    BalasHapus
  61. selamat pagi sobat ...

    BalasHapus
  62. Guru itu termasuk tugas yang mulia bagiku, maka sungguh bahagia mereka yang besar dalam keluarga guru. Seperti kamu!

    BalasHapus
  63. *menunggu postingan terbaru dari uswah* :)

    BalasHapus
  64. bu guru dg niat mulia dan langkah yg lebih maju, smoga sukses sllu
    sambil (c)

    BalasHapus
  65. Begittu mulia nya engkau.
    Jasa mu takkan kami lupakan.
    Guru adalah segalah nya.
    Yang menagajarkan dispilin tepat waktu bhakan rela membagikan ilmu nya kepada kami..

    Aku cinta guru , aku sayang guru.

    Terus semangat bu guru jasa mu takkan di lupakan. Semoga tuhan membalas jasa mu..


    #salam hangat dari saya blogwalking kocak :D

    BalasHapus
  66. Begittu mulia nya engkau.
    Jasa mu takkan kami lupakan.
    Guru adalah segalah nya.
    Yang menagajarkan dispilin tepat waktu bhakan rela membagikan ilmu nya kepada kami..

    Aku cinta guru , aku sayang guru.

    Terus semangat bu guru jasa mu takkan di lupakan. Semoga tuhan membalas jasa mu..


    #salam hangat dari saya blogwalking kocak :D

    BalasHapus
  67. salam kenal gan kunjungan siang nih, asik banget tulisannya.. :)

    http://oldsunday.blogspot.com/

    BalasHapus
  68. Aku sungguh terharu, Mak, membaca ceritamu. ;-(
    Masih ada rupanya orang yang iklash tampa pamrih ;-( ;-( ;-( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;(( ;((

    BalasHapus
  69. gaji guru SMA tahun berapa tuh??? kayaknya jaman dulu banget deh... dah jadi guru ya jeng..

    yuii, antarkan kami dari kejahiliyahan ini, bu...

    BalasHapus
  70. @Belajar Photoshop kopi wedang terhangatkan badan *bener gak bhasanya? :D

    BalasHapus
  71. @Achsan MassiveBjn laporan diterima ndan, terima kasih :D

    BalasHapus
  72. @lukman hakim super terima kasih untuk sobat super, selamat menikmati kopi di warung mayaku :)

    BalasHapus
  73. @Nazar Dark selamat pagi juga "kegelapan" :D

    BalasHapus
  74. @Ichsan Afriadi alhamdulillah wa syukru lillah, kutukan yang super barokah *nyruput kopi*

    BalasHapus
  75. @Uzay ditunggu kunjunganya lg di menu lain :)

    BalasHapus
  76. @wongcrewchild amiiin,,, mangsetap *ngeracik (c) *

    BalasHapus
  77. @adi saputra doankzz amiin :) yang barusan itu lagu ya? guru bner2 pahlawan tanpa bertopeng *ketawa ala shinchan*

    BalasHapus
  78. @adi saputra doankzz eh ke post 2x yak :D salam hangat mentari,,

    BalasHapus
  79. @Kumpulan Desain Grafis | Andy Desain belum tau yak yg ngajar kayak mak lampir tp hatinya selembut bidadari :)

    BalasHapus
  80. @cara mengobati perdana m3 apa simpati pak? :p suwun wes :D

    BalasHapus
  81. @eksak poko e regane beras meh spuluh ewu sak,, melas pol poko e *kudu nanges*

    hadeeh dr dulu wes jd guru, sampe skrg mau jd mak2 :D

    BalasHapus
  82. Wuihh, ternyata lumayan juga yah perbulannya untuk sekarang. Tapi sepertinya untuk guru yang bersertifikasi, karena ada beberapa teman di daerah yang masih dibawah rata2. Dengan beralihnya motivasi semoga menambah daftar pahlawan tanpa tanda jasa lagi di bumi kita (o)

    BalasHapus
  83. @Gen - Q amiiin bener.. dengan syarat tidak berorientasi sebagai guru yang ingin mendapat gaji besar, tapi pendidik yang ikhlas :)

    BalasHapus
  84. menyapa sore, sambil nyimak lagi artikel about guru..sllu didampingi (c)

    BalasHapus
  85. yang penting ngajarnya ihklas and ridho mba :)

    Mampir kesini ya, salam kenal Peta Indonesia Karya Anak Negeri

    BalasHapus
  86. guru harus bisa menempatkan diri sebagai mahkluk yang menyenangkan di tiap kesempatan terutama di hadapan siswa. meski gaji yang diterima kadang gak cukup buat beli bensin sebulan, hehehe. tetap semangat pahlawan tanpa tanda jasa! tanpamu, negeri ini tak kan pernah cerdas.

    BalasHapus
  87. wara-wiri seperti karambol mencari update postingan terbaru..ternyata oh ternyata belum ada ya :-)

    BalasHapus
  88. @konde tentu... segera meluncurr :)

    BalasHapus
  89. @Obat Mata Minus muridnya jd presiden.. gurunya tetep jd guru hehe..

    BalasHapus
  90. hahahaha. kayak di keluarga ku semuanya jadi guru XD
    tapi aku mau jadi perawat mbak ( .__. )9
    gak tau lagi sih kalo ujungnya jadi dosen :| hihi salam kenal

    BalasHapus
  91. @Uzzy Lintang Savitri jadi apapun itu yg penting niat mengabdi dgn ikhlas :)

    BalasHapus
  92. jadi guru memang harus sabar ya sobat
    terima kasih sudah berbagi

    BalasHapus
  93. Selamat ya atas profesi yang sangat mulia dengan menjadi "Guru SMP".Semoga kelak bakal menjadi guru yang dicintai oleh semua kalangan.

    BalasHapus

Budayakan berkomentar  ヽ(^。^)ノ

Error 404

The page you were looking for, could not be found. You may have typed the address incorrectly or you may have used an outdated link.

Go to Homepage