Aroma Secangkir Rindu

Main Posts Background Image

Main Posts Background Image

Kamis, 09 Mei 2013

Aroma Secangkir Rindu

Jari-jari lentiknya mulai memilih dan memilah, tungku apipun disiapkan, di atas loyang biji-biji kopi itu disangrai, dan inilah saat-saat yang kutunggu, saat aroma kopi itu berhamburan di dinding-dinding dapur, simbah putriku hanya tersenyum melihatku mengendus-endus di atas loyang kopi, "muwantep niki mbah", begitu yang senantiasa ku ujarkan pada simbah putri tiap kali beliau meracik kopi.. yang tak kalah serunya adalah irama "dug dug dug", ya.. itu adalah irama kopi yang tengah dideplok simbah putri selepas kopi sangraian itu matang, cara yang sangat tradisionil sekali, cukup menggunakan alu dan lumpang, kurang lebih satu jam kopi deplokan sudah jadi, lalu diayak dan siap diseduh,  simbah putriku punya 9 anak yang semuanya penggemar kopi, tidak peduli laki-laki atau perempuan, belum lagi cucu-cucunya yang juga kopi holic, jadi setiap pagi dan menjelang petang simbah putri selalu membikin kopi satu teko, kami menyebutnya kopi naspatel, kopi panas pait kentel, sebenarnya kami hidup di jaman yang sudah moderen, sudah banyak sekali alat selep atau penggiling kopi di pasar-pasar terdekat, lebih praktis dan murah, tapi entah simbah putri lebih hobi mendeplok kopi sepertinya, memang kopi bikinan simbah putri ini lain daripada yang lain, rasanya begitu khas, aromanya pekat, pahit kentalnya nikmat, aku bukannya tidak pernah merasakan kopi yang lain, untuk penggila kopi sepertiku, aku sudah beranjangsana mencicipi kopi dari berbagai jenis, mulai dari arabica, robusta, espresso atau kopi dari beberapa daerah yang kupesan khusus seperti dari aceh, kendari, bali, dan kopi khas lainnya seperti kopi jethak, kopi warung doyong, kopi kelas starbukcs, bahkan kopi luwak yang harganya 100rb per 100gr.. 


 Aah, semuanya serasa lewat kala lidahku sudah kelet dengan kopi deplokan simbah putri, mungkin sebab simbah putri membikinnya dengan penuh ikhlas dan cinta juga proses pembuatannya mengikuti cara orang tua jaman dulu sehingga menghasilkan kopi dengan cita rasa tinggi, bisa kubayangkan seandainya aku masih sempat ngopi bareng simbah kakung sudah pasti simbah kakung memuji kopi bikinan simbah putri.. 

"Tuut.. tuuuut..." bunyi teko tanda air mendidih membuyarkan lamunanku, kuseduh secangkir kopiku dengan sedikit gula, kuhirup aromanya, kureguk dengan penuh rindu, aroma kopi selalu membuatku De Javu, mengingatkanku pada kopi deplokan simbah putri, kini aku tak bisa lagi menikmati kopi racikan simbah putri sebagaimana beberapa tahun yang lalu..




Keterangan:

Deplok: tumbuk
Kentel: kental
Alu dan lumpang: alat untuk menumbuk biji kopi
 
Kelet: melekat  
Gambar: koleksi pribadi 


Tulisan ini diikutsertakan pada 
Giveaway Cerita di Balik Aroma yang diadakan oleh Kakaakin

136 komentar

  1. aroma kopi yang membangkitkan kenangan kerinduan ya....hmmm segala kopi pernah dicoba, apakah pernah juga mencoba kopi asli Toraja,
    selamat berlomba ya..semoga menjadi salah satu yang terbaik...salam :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulllah sudah bang, harganya 30rb per 100gr, diseduh dengan takaran gula yg seimbang ternyata tidak merubah kepaitan kopi toraja.. hampir sama dengan kopi bali, bedanya kalo kopi bali agak bau tanah lembab :))

      Hapus
    2. kopi lampung gimana mbak?

      Hapus
    3. saya mau jadi tester kopi lampung, kirim dong mas

      Hapus
    4. twin: nah yg itu belom mas, dikirim dong :p kirim ke alamatnya mas agus s ajah.. ntar mas agus s kirim ke alamatku :D

      Hapus
    5. hhehe, ide nya bagus mbak, nanti tak kirim bungkusnya aja kan ?

      Hapus
    6. biasanya ada hadiah uang milyaran di balik bungkus :D

      Hapus
    7. di balik bungkus itu sebelah mana ya?

      Hapus
    8. setelah dibuka bli..

      Hapus
    9. Wah kayaknya admin penggemar berat kopi nih... ati2 lho entar nggak bisa putih kulitnya hehehe

      Hapus
    10. dikasih pemutih om..

      Hapus
  2. wah, pengen rasanya mbak saya nyicipi kopi asli dapet numbuk sndiri (bkn kopi instan bubuk yg uda dicampur sgala ssuatu)...dari dulu pengen banget tapi blum ksampaian ni, cari2 dipasar pun disini skrg susah cari kopi yg model gt, yg uda dpt nyangrai/uda tumbuk halus...
    denger2, kopi yg sprti tu khasiat obatnya besar

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyya kang, sekarang orang lbh milih praktisnya, tdk usah jauh2, di keluargaku yang melestarikan kopi deplok cuma terputus sampai simbah putriku, seţelah itu sudah tidak ada lagi.. suatu saat aku ingin melestarikan kmbali kopi deplok ini.. iyya bagiku kopi banyak khasiatnya, kalo kopi skrg meskipun kopi hitam sdikit banyak ada campurannya, entah dicampur beras atau jagung, yang jelas jauh sekali dgn kopi deplok asli..

      Hapus
  3. memang aroma kopi luar liar ini mantap, saya juga suka, kalau boleh sesekali dikirim ke tempaku bih, biar mak nyusss..hehe
    terima kasih sudah berbagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. huwaahaa.. iyya bang, kopi luwak emang sipp.. :p

      Hapus
    2. kalau luwaknya doang ?

      Hapus
    3. mayan buat peliharaan gantinya kucing persia

      Hapus
    4. saya sudah pernah pelihara luwak, kalau kucing persi belum, kucing kampung pasti ada

      Hapus
    5. dikasih makan apa mas luwaknya?

      Hapus
    6. kasih makan pisang sama nasi

      Hapus
  4. Hmmm aromanya kopi sampai ke Boku no Blog, dan kucoba mencari, ternyata disini asal aroma kopi itu. Salam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. monggo2 selamat menikmati kopi mayaku :))

      Hapus
  5. secangkir kopi rindu
    selalu kusruput dipagiku

    hmmm

    sembari terngiang bunyi alu
    ketemu lumpang kayu atau batu

    semakin nikmat rasanya merindu
    apalagi demani bayang senyummu
    yang meluak senada rasa kalbu

    hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah jagonya ini mbak anisa :)

      Hapus
    2. waduh ada puisinya juga...

      Hapus
    3. iyya mbak anisa ini kan ahlinya bkin puisi mang, kalo aku ahlinya bkin kopi =))

      Hapus
  6. waw kayaknya nikmat sekali kopinya,apalagi tengah hari begini,luwak ini kopi paporit saya.

    BalasHapus
  7. bhhh itu kopi mahal amat yah 100 ribu per 100 gram, padahal udah lewat tenggorokan sama rasanya hehe...

    mungkin ada kenikmatan dan gengsi tersendiri yah, saya paling ngopi di pinggir jalan, kalo lagi bawa motor trus ngantuk, mampir dulu deh ke warung kopi hihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kopi warung doyong bang? 2000 pergelas.. itu juga sudah sipp.. :D tp ga semua warung menyajikan kopi yg nikmat..

      Hapus
    2. sekarang udah naik harganya hehe...warung doyong, baru denger hihi..

      Hapus
    3. warung doyong itu warung yg dr gedeg dan miring seakan akan mau roboh :D

      Hapus
  8. harum kopinya hehehe... waduh ternyata mbak uswa ahlinya bikin kopi...

    BalasHapus
  9. ternyata tidak salah saya kemarin2 memilih kata mendeplok kopi pada beberapa tulisan yang saya dan mbak uswah singgahi. Ternyata ndeplok kopi juga menumbuhkan ingatan kekangenan saya pada alat alu dan lumpang. Mbah ku sama ibu juga sering ndeplok kopi untuk keperluan sehari-hari, lebih nikmat dan terasa kopinya. dan saya hanya mau minum kopi jika kopi itu hasil deplokan 2 bidadari tersebut. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. senangnya kalo sampai sekarang mas agus bisa menikmati kopi deplok.. mbok ya dibagi toh.. wes kangen sm kopiNe simbah..

      Hapus
    2. sekarang sudah tidak minum kopi tidak ada yang ndeplokkan

      Hapus
    3. howalah tibakNe yo sama -____-

      Hapus
    4. haheho...hehe
      kalau ditawari kopi sama temen2 pasti saya pilih air putih

      Hapus
    5. pasti temennya kalo bkin kopi rasa cemplang..

      Hapus
  10. kecanggihan dan kemajuan alat,tak akan pernah mengalahkan cara tradisional, karena cara tradisional dibuatnya pake "HATI"...itulah yang takkan pernah tergantikan oleh merk kopi termahal dimanapun.
    Hidup Kopi Naspatel...ups? kenapa ngga dikemas dan lalu ditawarkan sekalian pada dunia merk naspatel itu mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehee.. karna ga semua org suka kopi pait kang.. malah skrg semakin menjamur kopi instan, aaah.. jelas jauh sekali rasanya dgn kopi racikan sndiri, emang sih kang.. prosesnya agak lama, disangrai dulu trus didiamkan sampai dingin trus baru dideplok, yg jelas capek bgt ndeplok, aku pernah coba bantu simbah ndeplok, tapi malah pegel lengan tangan.. emang ga biasa, hehee..

      Hapus
    2. pernah kedatangan tamu amerika yang mau belajar tentang ubi, disuguhi makanan modern malah dibilangnya "indonesia udik", pas disuguhin ubi dan singkong bakar, gosong pula...malah bilang perigud perigud, minumannya bandrek..sambil mringis...minta nambah...
      jadi..saya ini udik, soalnya yang tiap hari tak minum kopi instan...huh..dasar bule gendeng!!...;o)

      Hapus
    3. loh trnyata sama ya.. sekolahanku dl pernah kedatangan syekh dr mesir, kita2 suguhin ubi cilembu.. beliau bilang ladziiiidz (enak):D dan tanya ini makanan apa? hahaa... makin cinta deh sm indonesia, smg ubi gak diakui produk bangsa laen ya kang..

      Hapus
  11. sekarang aku lagi minum kopi hangat sambil membaca postingan ini tentang kopi.
    cocok banget dengan situasiku sakarang ini.. :D

    BalasHapus
  12. kok suka kopi yang liar sih mbak, apa ndak ada efek samping tuh?

    BalasHapus
  13. Wa a aow! Gue mvsti bilang itu! Dan akhirnya maniak kopi dan kepekatannya bisa menggiveawaykan kemaniakannya! <-- boso opo iki?

    *mugo2 menang, Us! ;-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah mbuh boso ndi toh.. mhahaa.. iya sak lama gak ikutan GA, ada juga setaunan ga cawi2 GA, amin ajah.. amiiin :)

      Hapus
    2. opo iku cawi2 ????<-- boso opo neh iki?

      Hapus
  14. Balasan
    1. mau tak kirimkan pembelian kopi luwak onlen mas? *promosi*

      Hapus
  15. kopi dirumah saya juga masih asli lho mbak, goreng kreweng sendiri...

    BalasHapus
  16. aroma kopi memang sedap ya mbak..
    tapi saya kurang suka ngeliat bapak saya yg gak bisa lepas dari kopi, 1 hari bisa 3 gelas...wkwkw
    *malah curhat

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu mending msh stadium 1, lha pas sblom nikah dl konsumsi kopiku sehari bisa sampe 5x lho.. ndak papa asal sehat, selamatkan anak bangsa dr kekurangan kopi

      Hapus
    2. hahaa..keren banget mbk sampai 5x :D

      kopi kapal api sehat gak mbak?

      Hapus
    3. sehaatttt.. amaan...

      eh,pihak kapal api ngasih kompensasi brp sih buat aku :p

      Hapus
  17. tut ... tut... tut... bunyi teko, tanda air sudah mendidih.... waktunya minum kopi rindu hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kopi rasa rindu, kopi rasa mbayar :D

      Hapus
  18. salam.melawat uswah di hari jumaat yg indah dan damai

    BalasHapus
  19. Kopi ku dah habis mbak uswah, minta tolong dikirimin heheheh:)
    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. kirim aromanya via imel ya.. sgera donlot :D

      Hapus
  20. Owh, ternyata kopi yang ditumbuk itu lebih essip rasanya ya, Mbak. Apalagi ketika mensangrai kopi diberik satu biji buah kakao, hmm rasanya lebih nimat dan baunya lebih wangi, Mbak :)

    Matur nuwun, Mbak, sudah tercatat sebagai perserta :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah.. terima kasih kang :)

      Hapus
  21. lg puasa kopi mbak buat hayyu.. lgian bukan pnggemar kopi sih :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah,, saya hamil sm mnyusuipun ndak berenti ngopi mbak.. bismillah aja deh.. hihii..

      Hapus
    2. saya penggemar coklat mbak, eh pas hayyu kena diare disuruh dokter spesialisnya puasa coklat juga, hehehehe, skrng udah sembuh bisa mkan coklat lagi deh, horreee , tp tetep nggak sebanyak dlu karena di dalam coklat ada kndungan cafeinnya

      Hapus
    3. owalah gt mbak.. iya siih.. jgnkan kopi sama coklat, teh aja jg ada kadar kafeinnya.. alhamdulillah kopi sangat bersahabat denganku mbak.. hehee

      Hapus
  22. wah penikmat kopi juga ya sob... saya juga lebih suka kopi buatan sendiri sob, rasanya maknyus banget.. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. oyiii... :) memang lebih sesuai selera kalo dibuat dgn tangan sendiri :)

      Hapus
  23. saya klw minum kopi kok hati berdebar debar yah? spt ABG lihat cowok ganteng

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwk.. aneh pulak mbak indah ini =D pasti beli kopiny di warungnya si ganteng.. mhahahaaa...

      Hapus
  24. perna coba kopi tubruk gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ndak pernah tuh, kan kalo ngopi di dalem warung, ga di perempatan lampu merah.. haghag..

      Hapus
  25. eyang putri klangenanipun kopi to inggih?
    sampun kathah-kathah mangke mindhak marahi influenza lohh

    BalasHapus
    Balasan
    1. kopi meniko mboten sebabipun kinging influenza, kopi niku unjuk anipun poro wali, insya Allah katah manfaatipun ;D

      Hapus
    2. menawi makaten, dalem nyuwun, pareng mboten?
      menawi pareng, dalem katur matur nuwun.
      menawi mboten, dalem cekik inggihh??

      Hapus
  26. jadi ngiler pengin nyobain nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayoo dicobaa :~ limited editon loh kopi deplok ituw..

      Hapus
  27. wah mbak,, aroma bisa di kirim gak,,, buat aq jg hehehe....
    salam kenal ya mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kirim lewat infrared ya.. jd mbaknya musti kesini dulu ntar tak tempel tempelin deh :D

      Hapus
  28. Wah mantap kuwi kopi luwak... isuk2 ngene uenak banget tuh minum kopi luwak sayang ora ono nangkene hehehe... onok kpine thok luwake wis mlayu soale hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. mulakke toh sering2 bw nang nggonku ra tau kenthe'an stok kopi.. piye tek luwak e diganti kucing? :p

      Hapus
  29. .. waduch,, pecinta kopi level berapa nich?!? he..86x ..

    BalasHapus
  30. coba kesini mbak jika mau pasang emoticon:

    http://www.tipstrikblogging.com/2013/02/memasang-emoticons-smiley-pada-komentar-blogger.html
    atau
    http://mdf-blog.blogspot.com/2013/03/menambahkan-emoticon-pada-komentar.html

    Biasanya klw tidak bisa JQuerynya lbh dari 1 , itu pengalaman aku loh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah tak pasang mbak tp gak bisa muncul >,<

      Lah.. apa pulak itu JQuery T.T

      Hapus
  31. kopi luwak yang masih menjadi favoritku.., mantap rasanya. Harga memang mahal, tapi terbayarkan oleh aroma dan rasanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. padahal ga lagi bahaw kopi luwak.. hahaa... teng pake berat ajah buat komennya.. hahaa

      Hapus
  32. wah jadi pengen ngopi nih saya :D.

    BalasHapus
  33. Pantesan judul blognya tentang ngopi, lha wong turunan soko mbahe.. hehe

    BalasHapus
  34. begitulah para pinisepuh kalo mengerjakan sesuatu mesti dari hati dan keikhlasan, dan hasilnyapun menjadi pas ketika kita menikmatiknya. Waktu kecil, sayapun sering ngebantu mboke ndeplok kopi, bukan hanya itu, nggorengpun saya lakukan. Sebab saya juga penggemar kopi
    Salam silaturahim dari Blitar

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebelumnya aku ucapin terima kasih krn baca postingan dan gak langsung loncat ke kolom komen.. hahaa...

      mantepp ini, emang kalo uda pernah ngerasain kopi deplok baru bisa membedakan "taste"nya.. heheh..

      Hapus
  35. apalagi kopi starbucks, lebih lengket rasa, aroma & bayar'a :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaa. iya.. bayarnya itu.. padahal kopinya y standar.. skedar kopi espresso atau mocha.. hash :D

      Hapus
  36. kopi luwak gitu lho, wanginya ga ada yang nandingin.. tapi gak bikin ngantuknya ilang kalo buat saya hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. padahal saya gak lagi bahas kopi luwak lho... hahaks...

      Hapus
  37. aseekkk , suka kpi juga nih ternyataaa , tinggal santaapp dan srupppuutt :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. diseduh dulu dong..

      Hapus
    2. jangan lupa ditaruh gelas, jangan ditaruh daun pisang lho

      Hapus
    3. ditaruh gelas jumbo mas (baca: ember)

      Hapus
  38. wah mantab kopinya pasti nikmat rasanya ya.. Semoga dapat yg terbaik di ajang GA nya ya mbak

    BalasHapus
  39. Ngantuk, siang2 corat-coret gambar, nyari kopi sekalian silaturahmi:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ohh jadi yang coret2 di dinding rumah saya, Mas Boku ya? nakal!!

      Hapus
    2. tolonh dijewer bang..

      Hapus
  40. Aroma kopi..membangkitkan saya utk begadang nge-blog.

    Hehehehe..g'luck GAnya mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. apalagi begadangnya sm suami ya mbak.. heheheh..

      tengkyu mbak ririeee...

      Hapus
  41. berbeda dengan saya mbak. saya paling anti dengan kopi hehehe

    BalasHapus
  42. wahhhh, baru tau ane ada kopi luwak liar...
    Pengen nyobain nih, maklum pecinta kopi :D

    salam kenal ya sist...

    BalasHapus
  43. mantap ,,segerrrrrrrrrrr mbak

    BalasHapus
  44. yang disamping secangkir kopi itu lho...kok manis banget ya :p

    BalasHapus
  45. wahhh..penggemar kopi ya mbak..kopi luwk /bahasa arab nya yakhruju min siliti luwaki..heeeeee

    BalasHapus
  46. Saya jadi penasaran dengan rasa kopi yang benar-benar aseli, karena menurut kabar, banyak orang yang mencampurkan bahan-bahan lain saat menumbuk/menggiling kopi. :)
    Terima kasih atas pasrtisipasinya pada GA Cerita di Balik Aroma ya :)

    BalasHapus
  47. Sruput kopi panas sebelum tidur nih ka'.. sambil baca artikel ini nambah berasa kopi putih yang katanya kopi luwak..

    BalasHapus
  48. bener-bener penggila kopi si Mbak ini ya...

    BalasHapus
  49. dari kecil sudah tahu ibu ku terbiasa menumbuk kopi sendiri tapi aku ya tidak kepincut untuk menjadi penikmat kopi.,hehehe

    BalasHapus

Budayakan berkomentar  ヽ(^。^)ノ

Error 404

The page you were looking for, could not be found. You may have typed the address incorrectly or you may have used an outdated link.

Go to Homepage