Jumat, 24 Mei 2013

Waspadalah.. Waspadalah!!

Posted by Uswah on Jumat, Mei 24, 2013 with 172 comments

Aku menangis, ya aku menangis saat melihat foto ini  di beranda(L) facebook

Gambar nemu di fesbuk

Dengan keterangan: 

Seorang anak kecil Muslim Burma menghisap susu dari ibunya yang telah meninggal dunia! SIAPAKAH YANG PEDULI...? 

3 rakyat Amerika terbunuh beberapa hari lalu di Boston dan seluruh dunia tahu tentang mereka. 

Beribu-ribu saudara kami telah disiksa, dibunuh dan dibunuh setiap hari di seluruh dunia di Myanmar, Palestina, Iraq, Afghanistan, Pakistan, India, dan Syria. Kebanyakan KORBAN adalah orang Islam ... SIAPAKAH YANG PEDULI...? 

Ya Robbana,... Lindungilah...saudara-sudara kami di sana. Mereka adalah milik-Mu. Dan semua aku pasrahkan kepada-Mu....

Aku menangis karna naluri keibuanku muncul, selain itu aku dalam kondisi memberikan asi eksklusif untuk anakku, tentu saja hatiku merasa tercabik-cabik melihat foto tersebut, namun ketika akan mengomentari, disana sudah bejibun komentator dengan begitu nafsu, sumpah serapah dan laknat mengalir deras, dari situ aku mengernyitkan dahi karna aku tipe anti orang yang hobi melaknat, tiba-tiba aku merasa ada yang tidak beres, akhirnya kuputuskan untuk mencari kebenaran berita, jangan-jangan itu gambar hoax, aku memutuskan untuk konsultasi dengan profesor gugel, keyword yang aku masukkan "gambar hoax burma", jeng jeng.. akhirnya ketemu juga gambar yang sama dengan gambar yang ada di fesbuk, iuuh ternyata itu adalah bagian dari adegan film Shirish Ko Phool.. SIALAN!! baru kali ini aku ketipu poto hoax, gerutuku..

Gambar ini mengingatkanku dengan kejadian heboh beberapa waktu lalu tentang film innocent

Gempa di Chili
Gambar ini disebarkan lewat BBM dan internet, dikabarkan bahwa gedung bioskop terbelah jadi dua saat pemutaran perdana film innocent, muqoddimah beritanya juga lebay banget bawa-bawa nama Tuhan "Subhanallah, kuasa Allah! gedung bioskop di Amerika terbelah jd dua saat pemutaran perdana film innocent", preeeeetttt kataku *sambil mencep bin melengos*, yang ternyata gambar itu hoax, sebenarnya aku sudah feeling banget kalo itu adalah berita hoax, sederhana saja pemikiranku: mana mungkin sih Tuhan melampiaskan dendamNya secara langsung dengan mengadzab orang-orang yang belum mendapat hidayah? Hallooo... Lupa ya kalo Tuhan itu punya sifat pengasih dan penyayang sama siapapun, kalo Tuhan sejahat itu, kenapa juga Tuhan cuma ciptain manusia dengan berbagai agama? Kenapa gak islam aja sih?

Yang tidak kalah membahana badai berita paus benedictus masuk islam, kayak gini nih gambarnya

Minjem sidomi.com
Hadeeeh yang ini beritanya norak banget, murahan..! Gak usah lah membela agama islam dengan cara menipu! Justru penyebar berita hoax ini entah sengaja atau tidak malah mempermalukan agama sendiri, Tuhan juga bakalan tersinggung kalo kelakuan umatNya kayak gini, inget ya.. ini sama dengan fitnah, Tuhan kasih kita warning lewat surat al-Hujarat ayat 6 agar kita lebih berhati-hati
 
"Wahai orang-orang yang Beriman, apabila datang seorang fasiq dengan membawa suatu informasi maka periksalah dengan teliti agar kalian tidak menimpakan musibah kepada suatu kaum karena suatu kebodohan, sehingga kalian menyesali perbuatan yang telah kalian lakukan"

So, kalo ada berita-berita yang mengandung lebaylogi, alaylogi maupun cocoklogi harap ditelusuri dulu kebenarannya agar kita tidak tersesat.. Kata Gus Dur : Tuhan gak butuh dibela! Kataku: Yang butuh Bela cuma Edward Cullen

172 komentar

tiwas saya juga membayangkan ibu saya dan ibu nya hayuu mbak, huuu....
nopi di warungku nyok
Uswah mengatakan... 26 Mei 2013 13.23
ho oh.. aku mbayangke aku sendiri ╮(╯▽╰)╭ dasrun orang fasiqun, tega2nya bikin berita palsu.. yuuk, dapet gratisan gak?
Delete
ada kok dua tulisannya. hehe
Delete
semoga ibunya mendapat jannahnya Allah, dan anaknya tumbuh menjadi generasi shalih yang membanggakan.
Delete
amiin super sekali
Delete
meski cuma di film, saya koq yakin situasi ini universal terjadi di kenyataan, di perang khususnya
Delete
perang? perang tanding ya Bang..
Delete
tanding pancho
Delete
Uswah mengatakan... 27 Mei 2013 18.57
mungkin iya bang zach, tapii jika berita ini disebar kemudian muncul sumpah serapah dan laknat dr komentator kaa jadinya pitnah bang..

mas agus sama bli awan maen pancho, baag zach jurinya, aku nyiapin kopi dulu..
Delete
kopi pahit satu baskom ya ya, nanti tak bungkusi tak jual di kereta, hehehe
top kan saya.
Delete
saya juaranya aja deh
Delete
saya penontonnya aja deh...
Delete
Sejak pertama saya liat foto tersebut, saya sudah curiga. Karena expressi wajah si ibu yang konon sudah tewas tampak seperti acting atau berpura pura. Beda kalau tewas sungguhan tidak seperti itu. Hahhahaa,. Rupanya hoax hiehiehiee.
Delete
haha, kang asep jeli. sejeli mata macan
Delete
masak meninggal wajahnya masih fresh...
mata elang
Delete
elangganan..
Delete
pelanggan tetap nya mas Ks
Delete
Uswah mengatakan... 30 Mei 2013 11.36
mas agus besok bawa galon aja lebih praktis drpd bawa baskom.. tuh sudah ada mas budi sm bang zach yg jd pelanggan setia..

kang asep lama tak jumpa, mustinya aktinya agak dindowehin sedikit biar ga keliatan hoax, coba bli awan kasih contoh gimana cara ndoweh yang cakep..
Delete
ReplyDelete
yah memang kita harus teliti sebelum berkomentar atau membeli... harus cari referensi lebih untuk memastikan bahawa apa yang kita lakukan adalah kebenaran... thanks ktelitiannya..
Uswah mengatakan... 26 Mei 2013 13.25
yepp.. setujah.. kita harus manut sama bang napi, waspadalah waspadalah!
Delete
ya iya dink..
Delete
Uswah mengatakan... 27 Mei 2013 18.58
kalo setuju angkat kaki semua..
Delete
waduh maaf ngangkatnya cuma bisa satu aja... satunya buat hehehehee
Delete
Uswah mengatakan... 28 Mei 2013 13.50
buat ngangkat besi ya...
Delete
buat apa hayooo..
pasti buat gituan deh..
hehe
Delete
wah gituan yg kayak gimana yaa...(pura2 bloon ) hiihii
Delete
kalo saya oon beneran, hehe
Delete
nganu aja deh
Delete
nganu opo Mas?
Delete
nganu kancane
Delete
Uswah mengatakan... 30 Mei 2013 11.37
saya aja gak gitu2 amat.. knapa semuanya pada nganu..
Delete
ReplyDelete
Wahh saya hmpir gk tega bca tulisan mba uswah hbs ftonya udh bkin nangis, eh trnyta cm hoax y mbak
Uswah mengatakan... 26 Mei 2013 13.26
iyya mbak ni, sia sia ini air mata ndrodos ndrodos jebul e hoax, hayyah ~T_T~
Delete
maka dari itu, jangan nangis dulu.
triak dulu baru nangis..hohoho
Delete
Uswah mengatakan... 27 Mei 2013 18.59
kayak pernah jadi cewek bli, cewek sukanya gt.. gak rasional.. kalo ngambeg ga cuma nangis dulu, tp teriak2 dl, mbanting2, njambak2..
Delete
trus gulung-gulung..xixixi
Delete
ReplyDelete
Andy mengatakan... 25 Mei 2013 10.10
kalau saya lebih memilih peduli terhadap apa yg ada disekitar dulu, baru peduli yg diluar, itu jauh lebih baik & bijak :)
Uswah mengatakan... 26 Mei 2013 13.27
bijak sana apa bijak sini om? kalo saya peduli dgn siapapun aja deh, meskipun bentuk kepedulian hanya dengan doa #tumbenBijak
Delete
Indah P mengatakan... 26 Mei 2013 20.31
Obatnya kan belum habis, makanya komennya lumayan bijak.
Delete
Uswah mengatakan... 27 Mei 2013 19.00
mending lumayan drpd lumanyun
Delete
dari pada laura
Delete
sy peduli ma anak istri aja deh...
Delete
top tenan
Delete
toples tepatnya..
Delete
baut adah marneng
Delete
Uswah mengatakan... 30 Mei 2013 11.38
sam kripik singkong
Delete
ReplyDelete
jadi...harus teliti sebelum berkomentar y hehe...
kebanyakan skrg berita2 hoax yg lebay...
Uswah mengatakan... 26 Mei 2013 13.28
dan budayakan berkomentar..
ho oh.. mbok berita itu yang apa adanya wae lah.. ya ya ya..
Delete
ReplyDelete
Hohoho... iyaa gambar-gambar hoax itu...

Termasuk tentang laporan penampakan UFO (huhh teteep yaa, hehe) baik di dalam maupun di luar negeri, gak bisa dpungkiri banyak banget yang bikin foto, video dan laporan informasi hoax... Tapi kalau yang hoax, cepat atau lambat pasti terbongkar juga sih, cuma heran aja kok ada yang suka membuat dan menyebar berita hoax...
*bingung...
*mikir, duduk di pojokan
Uswah mengatakan... 26 Mei 2013 13.31
nah, ni dia pengamat ufo si gadis ufo menampakkan diri.. iya itu paling2 pengen bikin sensasi aja dee.. yah, mending mereka beli sprite rasakan sensasinya aja kalo cuman cari sensasi, drpd harus susah susah edit poto apa pidio.. jadi ikutan bingung *nemenin duduk di pojokan sambil garuk2 tanah
Delete
nih pacul, daripada garuk pakai tangan.
Delete
Uswah mengatakan... 27 Mei 2013 19.01
request traktor biar ga capek..
Delete
ikut nimbrung ah.. lihat penampakan UFO
Delete
Uswah mengatakan... 28 Mei 2013 13.52
siapin teropongnya mang, kalo ga ada ya pake sedotan boleh..
Delete
mau pake sedotan aja ah sambil nongkrong diatas monas hehe
Delete
monas tuh mananya jakarta seh..??
Delete
monas itu ya di jakarta to
Delete
Uswah mengatakan... 30 Mei 2013 11.39
coba manjat monas buat mastiin monas itu ada dimana..
Delete
ReplyDelete
buret mengatakan... 26 Mei 2013 03.35
saya juga sering tertipu dengan berita hoax, jadi harus berhati-hati terhadap suatu berita hoax atau bukan, terlebih berita hoax yang mengandung fitnah adu domba. terima kasih mbak ulasannya.
eh sekarang ada cabang ilmu baru ya, alaylogi & lebaylogi, harus dipelajari nie, wkk
Uswah mengatakan... 26 Mei 2013 13.34
si tukang tipu semakin meraja lela, kalo kita gak hati2 nerima info pasti kita uda jadi org bego, pa lg yg langsung komen atas berita hoax, jelas banyak yg dirugikan ini...

iyya itu cabang ilmu baru, pusatnya boybandlogi..
Delete
ReplyDelete
Iya nih..info dan gambar2 hoax gini kerap kali seliweran di di dumay...ya salah satu contonya kayak di BBM an lagi marak bgt..
Uswah mengatakan... 27 Mei 2013 19.01
ho'oh.. apa cobak motifnya? motif batik atau motif bunga2?
Delete
ReplyDelete
permisi gan sebelumnya salam kenal buat mbak admin artikelnya menarik blognya juga keren..

kunjungan perdana blognya udah saya follow mbak moga dapat artikel menarik lagi :) :)

http://informasibloger.blogspot.com
Uswah mengatakan... 27 Mei 2013 19.02
masak sih? :p
Delete
gan atau agan wati ?
haaayooo
Delete
terimakasih gan udah follow
Delete
gan to le
Delete
ReplyDelete
SUBHANALLAH!!!! Heran kenapa mesti semua ini terjadi, hiks....
Uswah mengatakan... 27 Mei 2013 19.03
kenapa harus semua? coba kalo dikit aja yg terjadi..
Delete
lagu nya tere kan ?
Delete
ReplyDelete
kalau saya gak mudah percaya deh mbak berita2 yang kayak gituan..
dunia maya memang banyak penipuan.
tapi kalau berita boyband smash alay saya percaya mbak. entah mebgapa saya sangat percaya hal itu..wkwkkww
Uswah mengatakan... 27 Mei 2013 19.03
ketauan diam diam mengikuti updatean terbaru boyband :p
Delete
kalau boyband stres asal pekanbaru mamang percaya juga hihihi
Delete
Uswah mengatakan... 28 Mei 2013 13.58
lagi naik daun mang
Delete
daun singkong
Delete
haha bentar lagi jatuh sama daunnya... mending pucuk.... pucuk... pucuk hehe
Delete
pucuk e penak
Delete
ReplyDelete
Indah P mengatakan... 26 Mei 2013 20.29
Oalah mbak.....tiwas mrebes mili banyu mripatku. tibaknya pilem toh ....
Ternyata gambar2 diatas ulah orang kampung yang kampungan. ckckckck ...... Mudah2an Tuhan tidak tersinggung dan mengampuni mereka.

## Sedikit membayangkan jika Mbak Uswah *sambil mencep bin melengos* ....
Uswah mengatakan... 27 Mei 2013 19.05
he eh.. iseng amat tuh orang, amat aja gak iseng sama orang..

kapan2 tak aplot mbak, skrg lg tren berpose mencep ala artis korea.. pasti aku keliatan imut banget.. iya ireng mutlak..
Delete
termasuk mamang kali ya pakei photo loax
Delete
ya coba fotnya diganti klo pas lagi mencep mbak hehehe... kayaknya lebih cakepan tuh hehehhe
Delete
Uswah mengatakan... 28 Mei 2013 13.59
poto loax dijual di pasar loax..

lbh dr cakep om sis, membahana pastinya
Delete
komeng mbak indah ada yang ndak ngerti tolong di translate mbak hehe
Delete
Uswah mengatakan... 30 Mei 2013 20.03
kalo lwt gugel translet ga bs ya mang?
Delete
ReplyDelete
kejahatan terjadi karena ada kesempatan dalam kesempitan wasapadalah
waspadalah kawan dalam mengemudi karena pagi ini mojokerto sampai surabaya di guyur hujan siap fisik dan ban sepeda motor anda jangan sampai tergelincir di jalan.
nayalakan lampu utama motor
jangan salip menyalip biar tidak terjadi totolan.
demikian pesan disampaikan oleh orang agak waras.
waspadalah
Uswah mengatakan... 27 Mei 2013 19.08
biasanya ada si komo di perbatasan surabaya mojokerto, pasti tambah macet.. saya mbayangin kalo aja si komo ini jualan kopi, pasti dia anteng di warung dan dpt duit byk.. jd gak seliweran di jalan raya..
Delete
nanti sikomo jadi punya julukan baru, si luwak emping
Delete
jangan lupa bawa daleman ban buat pelampung hehe
Delete
saya kira buat membius orang lewat
Delete
ReplyDelete
yah akhir-akhir ini banyak orang yang nyari sensasi, termasuk nyebarin poto-poto yang ga tahu kebenarannya, ga tahu tuh apa tujuannya..., bisa membela atau mungkin manas-manasin buat cari keributan...
Uswah mengatakan... 27 Mei 2013 19.09
jangan2 poto2 ini disebarin buat pengalihan isu berita eyang subur
Delete
ReplyDelete
saya setuju Mbak, jika kebenaran berita mesti ditelusuri.
banyak orang mengail di air keruh, mencari manfaat atas suatu keadaan, atau bahkan tidak ada manfaat sama sekali sekalipun, berupa iseng, nyeleneh dan sebagainya. tapi untuk foto paling atas, saya malah berpretensi pasti banyak yang mengalami hal yang lebih dari itu di peperangan. semoga selalu menjadi bahan permenungan kita bersama.
super sekali mas zach pak teguh
Delete
bukan super mie kan..
Delete
dan bukan yamaha L2 super
Delete
Uswah mengatakan... 28 Mei 2013 03.46
mungkin bang, akan menjadi lbih baik jika mengambil berita yang benar.. toh masih banyak gambar2 yg lain..

terima kasih semua sahabat super..
Delete
setuju deh sama mas zac
Delete
Uswah mengatakan... 28 Mei 2013 14.00
tambah tiga jadi sepuluh
Delete
sepakat :-)
Delete
Mas hary koq ada suara nggak ada gambar?
Delete
gambarnya lagi diculik gondoruwo kang...
Delete
wahh, bisa bahaya nih. ayo kita culik lagi
Delete
pasti buat anaknya genderuwo kan
Delete
buat cucunya juga..
Delete
bisa buat mainan kan
Delete
Uswah mengatakan... 30 Mei 2013 20.06
gambarnya diambil tuyul
Delete
ReplyDelete
kalau ada gambar atau berita seperti itu di jejaring sosial atau blog, saya males komen atau baca sampai habis. karena pasti beritanya hoax dan suka adu domba. *mending adu hidung
mending adu mulut dong
Delete
Uswah mengatakan... 28 Mei 2013 03.47
kalo ayam jago jangan diadu *sambilNyanyi*
Delete
setuju... siip
Delete
adu apa saja yang penting minumnya tetap teh botol sosro :-)
Delete
jangan lupa pake sedotan
Delete
kalau nggak ada sedotan bisa pakai selang.
Delete
pake paralon juga boleh
Delete
Uswah mengatakan... 30 Mei 2013 20.07
apa lg pake knalpot
Delete
ReplyDelete
hahhaaa....
saya juga mau kok sama Bella...
Lho...
out of topic...
:P
Uswah mengatakan... 28 Mei 2013 03.48
bella sungkawa ya?
Delete
ReplyDelete
Mencari sensansi dan aneh-aneh memang mudah kita jumpai di dunia maya. perlu ketelitian dan kecermatan jika menerima berita.
Uswah mengatakan... 28 Mei 2013 03.49
sepangkat dan selevel..
Delete
ReplyDelete
Memang sekarang banyak sekali beredar berita yang aneh ane yang tidak lain adalah bertujuan untuk mak kreting atau marketing mbak.... :D
Uswah mengatakan... 28 Mei 2013 03.50
membuat pmbaca mak bedunduk..

ini mbak indah p ya? kok ganti mbak namanya?
Delete
iya ini mbak indah ini hayoo ngaku, kalau gak ngaku tak cepit lawang
Delete
Uswah mengatakan... 30 Mei 2013 20.08
mencurigakan..
Delete
ReplyDelete
oalah ternyata film ya mbak... dan photo loax.... kok mirip ya...
Uswah mengatakan... 28 Mei 2013 14.01
namanya juga pilem mang, sudah pasti dibikin sempurna
Delete
iya sampai surat kabar juga terkecoh dengan berita ini hehe
Delete
terkecoh-kecoh..
Delete
Uswah mengatakan... 30 Mei 2013 20.08
Ayo arisannya dikecoh dl..
Delete
ReplyDelete
Payz0 mengatakan... 28 Mei 2013 12.21
yap banyak berita hoax, tanpa tabayun tapi langsung emosi
Uswah mengatakan... 28 Mei 2013 14.03
ho oh.. tiwas menguras air mata.. mending nguras kamar mandi
Delete
mending nguras tambak orang, dapat ikan banyak
Delete
Payz0 mengatakan... 29 Mei 2013 12.16
sudah guling-guling di tanah malah hoax.. malu-maluin
Delete
Uswah mengatakan... 30 Mei 2013 20.10
malu2in kucing
Delete
ReplyDelete
Tulisanx sangat bermanfaat sekali mb.Bosa di jadikan referensi.
Uswah mengatakan... 28 Mei 2013 14.03
referensi makalah apa cobak postingan ginian?
Delete
biasalah kalau orang susah buang air besar baca makalah ini langsung mules kan,
ahihihihihi
Delete
Payz0 mengatakan... 29 Mei 2013 12.16
jangan lupa cebok ya mas... masa harus di ingatin terus...
Delete
oh iya soalnya yang tangannya keseleo
Delete
Uswah mengatakan... 30 Mei 2013 20.10
skrg sudah cebok kan?
Delete
ReplyDelete
begitulah kalo menyalahgunakan teknologi buat tujuan yang salah..akhirnya hoax beredar dimana-mana...bahkan fotoku pun ada yang di hoax-kan...itulah sebabnya saya sampe sekarang masih mencari-cari foto yang mana gerangan ya...konon kabarnya fotoku yang mirip dengan shah rukh khan.... :-D
Uswah mengatakan... 30 Mei 2013 20.13
kwkwk :-D jd yg hoax yg mn nih bang? shahrukh khannya atau abang? ;D
Delete
ReplyDelete
gambar pertama bikin saya mewek. kok tega ya kayak gitu di foto, mbok ya langsung ditolong
Uswah mengatakan... 30 Mei 2013 20.14
tos dl krn kita korban termehek mehek.. hahaa
Delete
ReplyDelete
Hmmm, tiwasno Mbak Us lihat photonya langsung " Kawaiso... " hehehe:)
mas boku tolong di translate... ndak paham
Delete
Uswah mengatakan... 30 Mei 2013 20.15
gni mang.. tiwasno = tibaknan = dadakno = jebul e..
Delete
ReplyDelete
mbak komentarku ko ilang, di kemanain mbak,hi...hi...ko bisa yah.
Uswah mengatakan... 30 Mei 2013 20.16
dicuri tuyul kali bang, bentar tak cek ke satpam dl..
Delete
ReplyDelete
pnet mengatakan... 29 Mei 2013 10.02
keren ni tulisan.. :)
like this ah...
Uswah mengatakan... 30 Mei 2013 20.17
ah mosok..
Delete
ReplyDelete
belum ada yang baru Mbak? ayo dong dibaruin...
ngreyen
Delete
pakai kridit...
Delete
nanti diuber dept kolektor
Delete
Uswah mengatakan... 30 Mei 2013 20.18
lg galau bang.. apdetan terbarunya jg galau
Delete
ReplyDelete
KY mengatakan... 29 Mei 2013 10.56
KY setuju dengan cara uswah, selidik bulu infonya kerna sekarang semuanya blh dilakukan kan?
Uswah mengatakan... 30 Mei 2013 20.19
byk yg mengada ada nih skrg..
Delete
ReplyDelete
wahhhh....parah bek...emang sob...sekarang banyak bnget brita yang seolah-olah membela agama islam tapi kenyataannya cuman memancing emosi sesaat doang...yang lebih parah lagi kemaren ane baca artikel smas punya agama sendiri kayak lebih hoax...ngeri...tapi emang gak gampang sob meneladani bagida rosul...
Uswah mengatakan... 30 Mei 2013 20.21
ya sperti yg kusampaikan di postingqn, kabar hoax sperti ini justru malah membuat malu agama sndiri..
Delete
ReplyDelete
Indah P mengatakan... 30 Mei 2013 06.10
sebetulnya berita2 hoax sprt ini disebarluaskan, agar org2 pada paham
Uswah mengatakan... 30 Mei 2013 21.16
hu um dan utk slanjutnya org lbh berhati2 lg
Delete
ReplyDelete
awas onde onde panas
Uswah mengatakan... 30 Mei 2013 21.17
sangat pas dgn suasana hujan..
Delete
ReplyDelete
Ternyata hoax belaka ya ?
ReplyDelete
masya allah
ReplyDelete
Bener banget Ukhti, aku juga pernah kena brita hoax tentang video youtube yg katanya bakar jilbab malah kebakar sendiri, eh ternyata tu video hoax dan ku hapus postingnya..
ReplyDelete
kyknya kamu pantas sebagai menjadi seorang detektif pengungkap hoax nih..
^_^
ReplyDelete
yayuk mengatakan... 5 Juli 2013 16.28
Membaca berita juga mesti pandai memilih ya...
ReplyDelete
melongok lihat gambar-gambarnya
ReplyDelete
yang paling ga kuat tu liat gambar pertama, seorang anak yang nyari asi di tubuh ibunya yang udah meninggal..
ReplyDelete
betulbak, aku juga tertipu
ReplyDelete

Posting Komentar

Budayakan berkomentar  ヽ(^。^)ノ

Cancel Reply